HUT ke-2, Bank Sampah Wadhah Wangi Gelar Bersih Sampah di Pantai Pasar Seni Kuta

Pengurus dan anggota Bank Sampah Wadhah Wangi usai aksi bersih sampah di Pantai Seni Kuta, Minggu (30/4). Foto; ira

 

Redaksi9.com - Bank Sampah Wadhah Wangi kembali mengelar aksi bersih-bersih pantai. Kali ini aksi dilakukan di  Pantai Pasar Seni Jalan Kartika Plaza  Kuta, Minggu (30/4). Aksi ini diikuti sekitar 31 orang yang juga didukung keluarga masing-masing, termasuk beberapa anak kecil.  Bank Sampah Wadhah Wangi memiliki 6 pos yang semua pengurusnya turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Koordinator acara kegiatan, Evi Hasibuan menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Bank Sampah Wadhah Wangi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Pantai Pasar Seni Kuta ini kami pilih sebagai lokasi bersih pantai karena di sini tidak terlalu macet dan parkiran juga luas. Di samping itu,  tempat ini baru saja ditata, banyak diminati para pelancong. Kegiatan ini juga untuk mengedukasi warga untuk menjaga kebersihan pantai Kuta,” katanya.

Ia menambahkan, selain aksi sosial dan edukasi, kegiatan ini juga untuk menyambut HUT ke-2 dari Bank Sampah Wadhah Wangi yang jatuh pada tanggal 25 April 2023.

Selain melakukan aksi bersih sampah,  Bank Sampah Wadhah Wangi juga memamerkan sekaligus menjual barang-barang daur ulang, yang terbuat  dari kemasan sampo, sabun, kertas bekas, koran, plastik dll yang sudah disulap menjadi barang yang sangat bagus dan bisa dipakai, seperti tas, dompet, tempat tisu, tempat pulpen, tempat sampah, hiasan, vas bunga, termasuk tas belanja.

Aksi Bank Sampah Wadhah Wangi ini selain menarik  warga lokal yang ada di Pantai Kuta, juga mendapatkan apresiasi dari beberapa turis asing yang kebetulan sedang berwisata di Pantai Kuta. Bahkan, beberapa dari mereka membeli beberapa barang seperti tas belanja.

Salah  seorang wisatawan asal Eropa, Julie membeli tas belanja yang terbuat dari daur ulang pembungkus beras.

“Wah  tas ini unik sekali sangat menarik dan bagus untuk dipakai berbelanja,” ujar Julie yang membeli beberapa tas belanja.

Evi mengatakan, selain bersih sampah, beberapa anggota berkeliling pantai sekaligus menyebarkan brosur open donation untuk penggalangan dana Bank Sampah Wadhah Wangi untuk pembelian viar motorcycle alias motor pengangkut sampah.

Evi berharap, kegiatan aksi bersih sampah ini bisa rutin digelar selain untuk kebersamaan juga untuk mengedukasi warga agar terus menjaga kebersihan lingkungan, terutama membiasakan diri tidak membuang sampah sembarangan. (ira)

 

 

TAGS :

Komentar