Cegah Demam Berdarah Puskesmas III Denpasar Utara Rutin Lakukan Gertak PNS

Puskesmas III  Denpasar Utara  secara rutin  melaksanakan  Gertak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayahnya. (Foto: dps)

Redaksi9.com - Dalam upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin meluas, Puskesmas III  Denpasar Utara  secara rutin melaksanakan  Gertak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayahnya. 

Kali ini Gertak PSN berlangsung di Banjar Ambengan Desa Peguyangan Kangin dan  Br. Mekar Sari Desa Dauh Puri Kaja, Puskesmas III Denpasar Utara,  Sabtu (4/3). Hal ini disampaikan Kepala UPTD Puskesmas III  Denpasar Utara dr. Ida Bagus Jelantik Manuaba.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya menekan penularan DBD. Menurutnya Gertak PNS ini dilakukan oleh Tim Jumantik yang ada di setiap banjar. 

Safari Kesehatan di Keluarahan Peguyangan, tonton di link ini: https://www.youtube.com/watch?v=skOBLCa5JFg&t=4s

Edukasi yang diberikan dalam PSN adalah  cara   mengatasi DBD  dengan 3M (Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang) dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Memasuki pergantian cuaca, maka pihaknya mengimbau masyarakat untuk melakukan pencegahan penyakit DBD dan meningkatkan kebersihan lingkungan masing-masing.

Mengingat pada musim hujan ada beberapa tempat yang jadi sarang nyamuk di antaranya penampungan air hujan dan sumber genangan di sekeliling rumah, seperti ban, kaleng, botol bekas, cekungan batang kayu, tempurung kelapa, ataupun talang yang tersumbat. "Untuk itu masyarakat harus ikut memperhatikan tempat tinggalnya masing masing dan ikut melaksanakan PSN," jelas dr. Ida Bagus Jelantik Manuaba.

Ia menambahkan Nyamuk Aedes Agypti dapat menggigit manusia saat beraktivitas di dalam rumah, gedung, sekolah, atau di ruang tertutup lainnya. Nyamuk akan suka di tempat yang lembab, gelap, gantungan pakaian, serta tumpukan barang lainnya.

Tatap Muka Gubernur Bali dengan Masyarakat Denpasar, tonton di link ini: https://youtu.be/h5ln1zhXarI

Meningkatnya populasi nyamuk Aedes Aegypti menurut  dr. Ida Bagus Jelantik Manuaba upaya paling efektif untuk mencegah DBD dengan melakukan gerakan 3M untuk bak mandi, barang-barang bekas dan lainnya secara serentak. 

Upaya pencegahan lainnya antara lain dengan menanam tanaman pengusir nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, memasang kasa nyamuk, menggunakan kelambu, menggunakan lotion anti nyamuk, menghindari menumpuk barang-barang dan menggantung pakaian karena akan menjadi sarang nyamuk.

Perayaan hari arak Bali, tonton disini: https://www.youtube.com/watch?v=kl0lY-jxumU

Untuk terus menguatkan pencegahan dan pengendalian penyakit DBD pihaknya akan terus menggiatkan penyuluhan  melalui Jumantik di masing masing banjar. (dps)

 

TAGS :

Komentar