Bupati Giri Prasta: Desa Berprestasi adalah Desa Mampu Tangani Sampahnya

Bupati Badung Giri Prasta, uia menyerahkan bantuan keuangan khusus operasional TPS3R tahun 2023, Kamis (23/2) (Foto: tri)

Redaksi9.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta berharap masyarakat Badung dapat melakukan pengolahan sampah sendiri, yang mana sampah dapat dipilah dan mengurangi timbunan sampah. Hal itu dia ungkapkan, saat menyerahkan bantuan keuangan khusus operasional TPS3R tahun 2023 di ruang rapat Kertagosana Kabupaten Badung, Kamis, 23 Februari 2023.

Menurutnya, pelaksanan TPS3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) adalah untuk  mengerakkan para kepala desa dan tokoh masyarakat yang berada di desa melihat  potensi desanya terutama dalam mengatasi  timbunan sampah. 

“Sampah ada di desa itu bisa diolah dan apa yang didapatkan bisa dijadikan operasional desa.  Dari adanya bantuan ini pelaksanaan kegiatan penanganan sampah di masing-masing desa  bisa berjalan dengan baik,"  ujarnya. 

Baca juga: Bupati Giri Prasta Gelontorkan Rp9 Miliar Dana BKK TPS3R Tahun 2023

Ia mengatakan desa berprestasi adalah desa yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan,  termasuk mampu menggerakkan kebersihan melalui TPS3R, serta mampu dalam menggerakkan desa digital, dan mampu meningkatkan UMKM desa.

“Kita di Badung akan menggerakkan program dana insentif desa senilai Rp50 miliar akan diberikan kepada desa berprestasi," tegasnya. 

Wakil Bupati badung Pantau Stok Beras;https://www.youtube.com/watch?v=nMCter6PQLY

Giri Prasta menambahkan timbunan sampah terbanyak datang dari sampah upakara seperti jejahitan. Selain itu terkait TPA Suwung yang telah ditutup,  Kabupaten Badung sendiri telah siap dengan agenda prioritas. (tri)
 

TAGS :

Komentar