Parade Ogoh-ogoh Anak-Anak Paud Akan Meriahkan Kesanga Festival

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Kota Denpasar saat beraudiensi dengan Wali kota Denpasar IGN Jaya Negara dan Bunda Paud Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara di Kantor Wali kota Denpasar, Senin (6/2). (foto:dps).

Redaksi9.com - Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Kota Denpasar akan ikut berbartisipasi meriahkan Kesanga  Festival Kota Denpasar yang diselenggarakan pada tanggal 18 Maret 2023 mendatang di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Hal ini terungkap saat Ketua IGTKI Kota Denpasar Ni Nyoman Puspitawati Yasa saat beraudiensi dengan Wali kota Denpasar IGN Jaya Negara dan Bunda Paud Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara di Kantor Wali kota Denpasar, Senin (6/2).

Puspitawati Yasa mengatakan, dalam kegiatan ini ada 12 ogoh-ogoh mini  yang diparadekan oleh anak-anak Paud. Namun sebelum dipamerkan setiap kecamatan akan di lombakan. Tiga terbaik dalam lomba tersebut akan di paradekan di Kasanga Festival. 

Kunjungan Menteri Airlangga ke Kawasan Ekonomi Khusus Kura-kura Bali, tonton di sini: https://www.youtube.com/watch?v=_i9mW_rO6fQ&t=4s

Lebih lanjut dikatakan,  selain untuk memeriahkan Kasanga Festival parade ini juga untuk memperkenalkan budaya Bali  tentang Hari Raya Nyepi beserta manfaatnya. Dimana Hari Raya Nyepi tersebut hanya ada di Indonesia. Tidak hanya itu kegiatan ini juga memperkenalkan sejak dini  kepada anak-anak bahwa ogoh-ogoh itu lambang bhuta kala yang harus netralisir atau somya agar tidak mengganggu kehidupan di alam semesta.  Satu ogoh-ogoh akan di arah oleh 10 orang anak-anak  dan yang membawa gamelan atau mengiringi 10 orang anak. Tinggi ogoh-ogoh sesuai tinggi anak agar tidak terlalu tinggi dan lebar sehingga kreativitasnya anak-anak bisa mengarak sendiri tanpa bantuan orang tua.

Kegiatan ini diharapkan kedepan anak-anak bisa tumbuh kreatifitasnya dan nantinya bisa  melestarikan budaya Bali yang adiluhung. 

“Bahwa kita harus mempunyai projeck yang bisa membangkitkan rasa nasionalisme cinta tanah air dan cinta budaya,” ungkap Puspitawati Yasa.

Mendag Pantau Harga di Pasar Kreneng, tonton di sini: https://www.youtube.com/watch?v=e-7XAM0kCw0

Wali kota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Bunda Paud Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara memberikan apresiasi atas rencana kegiatan parade ogoh-ogoh yang diselenggarakan IGTKI Kota Denpasar. Menurutnya parade tersebut akan memeriahkan Kesanga Festival Kota Denpasar. Anak-anak pasti akan memeriahkan kegiatan Kesanga Festival Kota Denpasar. 

“Dimana ada anak-anak kegiatan pasti akan ramai dan meriah,” ungkap Jaya Negara.

Jaya Negara mengatakanakan akan memastikan dalam parade tersebut anak-anak akan mengarak ogoh-ogoh di tengah jalan. Untuk penonton maupun orang tua yang ingin menonton dan  mengabadikan momen bisa dari pinggir jalan saja. Dengan langkah tersebut anak-anak bisa leluasa menampilkan kreativitasnya. (dps)

Pentas Tari Sakral Rejang Pala Berumur Ratusan Tahun,tonton disini: https://www.youtube.com/watch?v=8bbf7LeMweQ

 

 

TAGS :

Komentar