Lorakaca Binaan Dekranasda Denpasar Raih Juara I Kompetisi Astra CA Award Tingkat Nasional 2022

Astra Daihatsu Cokro binaan Dekranasda Kota Denpasar dan Disperindag Kota Denpasar menyabet Juara I pada kompetisi tingkat nasional Astra Corporate Affairs (CA) Award 2022, Kamis (12/01). (foto : dps).

Redaksi9.com - Usai melewati tahap penjurian dan verifikasi, Astra Daihatsu Cokro yang mengangkat tentang Kelompok Perajin Kain Perca (Lorakaca) binaan Dekranasda Kota Denpasar dan Disperindag Kota Denpasar, akhirnya berhasil menyabet Juara I pada kompetisi tingkat nasional Astra Corporate Affairs (CA) Award 2022. Pengumuman kemenangan ini disampaikan pada Kamis (12/1) di Menara Astra, Sudirman, Jakarta.

Pada Kompetisi Astra Corporate Affairs (CA) Award 2022 tersebut, oleh Astra Daihatsu Cokro tema yang diusung adalah Lorakaca Bangkitkan Kesejahteraan Perempuan, Kelola Sampah Perca Jadi Berdaya. 

Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara menyebut kemenangan ini merupakan torehan prestasi membanggakan bagi tim Lorakaca. 

"Selamat kepada Tim Astra Daihatsu Cokro atas keberhasilan ini. Pengangkatan Lorakaca yang memanfaatkan perca limbah dalam upaya turut melestarikan lingkungan,  dalam kompetisi ini serta berhasil keluar menjadi Juara I tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi Dekranasda Kota Denpasar.  Mudah mudahan kedepannya kolaborasi ini dapat ditingkatkan lagi," kata Sagung Antari Jaya Negara. 

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Denpasar sekaligus Ketua Harian Dekranasda Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari menjelaskan Lorakaca sendiri dalam berkarya menghasilkan produk kerajinan berprinsip pada ciri unik yakni, menggunakan bahan sisa limbah kain Endek lebih dari 80 persen dalam 1 produk.

"Lorakaca dalam berkarya selalu memanfaatkan sisa perca limbah kain endek. Dan kemenangan ini, merupakan pembuktian bahwa sepak terjang dan hasil karya para pengrajin di Lorakaca binaan  Dekranasda dan Disperindag Kota Denpasar telah memenuhi unsur penilaian yang ditetapkan oleh tim penjurian," kata Sri Utari. 

Dia juga berharap, kemenangan ini akan membawa semangat bagi Lorakaca agar terus berkarya agar dapat menghasilkan produk inovatif dan dapat menembus di masyarakat luas. 

Di lain pihak, Personel and General Affairs (PGA) Astra Daihatsu Cokro, Putu Adi mengungkapkan  berhasilnya Astra Daihatsu Cokro menjadi Juara I dalam kompetisi itu tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan dari semua pihak. 

"Kami meyakini apa yang dilakukan oleh Lorakaca ini unik serta membawa banyak manfaat, karena menggunakan sisa sisa kain. Dan dari awal kompetisi, kami banyak sekali mendapat dukungan dari tim Lorakaca dan juga Disperindag serta Dekranasda Kota Denpasar. Dengan ini, kami merasa sangat bersyukur atas raihan prestasi ini dan kami berupaya di periode mendatang untuk dapat lebih baik lagi," paparnya. 

Momen penganugerahan ini sendiri dihadiri langsung oleh Chief Executive PT. Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, Supranoto Tirtodidjojo serta Kepala Dept. GA & CSR, Fennisia Ie. 
 
Pada kompetisi ini, selain Astra Daihatsu Cokro, keluar sebagai Juara 2 yakni PT. Astra Honda Motor, yang mengangkat Ladang Satu Hati, wahana kolaborasi meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat dalam Skema Sociopreneurship.

Sedangkan, Juara 3 diraih oleh PT. Astra Agro Lestari, Tbk yang mengusung program peningkatan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan sawit berbasis kearifan lokal dan potensi wilayah pengembangan peningkatan ekonomi untuk kelompok usaha suku adat setempat dan kelompok masyarakat peduli api. (dps).

TAGS :

Komentar