Arnold Christian Tabun Raih Gelar Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unud

Arnold Christian Tabun sukses raih gelar doktor Ilmu Peternakan Fapet Unud (Foto: Unud)


Redaksi9.com - Fakultas Peternakan Universitas Udayana kembali melahirkan seorang doktor di bidang Ilmu Peternakan, Arnold Christian Tabun merupakan dosen pada Jurusan Peternakan Politeknik Pertanian Negeri Kupang, melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si., Jumat, 18 November 2022.

Tim promotor terdiri atas Prof. Dr. Ir. I Gst. Nym. Gde Bidura, MS.,IPU., ASEAN Eng., Dr. drh. I Gusti Agung Arta Putra, M.Si., dan Dr. Ir. Dewi Ayu Warmadewi, S.Pt., M.Si., IPM. Promosi doktor ini menghadirkan 6 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud. Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul “Performa dan Polimorfisme Gen Pertumbuhan Pedet dan Induk Sapi Bali dengan Kelainan Warna Bulu di Kupang”.

Hasil penelitian disertasi mendapatkan novelty bahwa menemukan performa pertumbuhan yang sama antara pedet dan induk sapi Bali warna bulu hitam dan putih dengan pedet dan induk sapi Bali warna coklat kemerahan. Dia juga menemukan polimorfik pada gen GH dan IGF2 dari pejantan dan induk sapi Bali dengan kelainan warna bulu di Kupang.

“Kami juga menemukan asosiasi antara SNP gen GH dan IGF2 terhadap pertambahan bobot badan dari pedet dan induk sapi Bali dengan kelainan warna bulu di Kupang,” papar Arnold Christian Tabun. Tujuannya dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengevaluasi performa pertumbuhan dan polimorfisme gen GH dan IGH2 pada pedet dan induk sapi bali dengan kelainan bulu di Kupang. (unud.ac.id)

TAGS :

Komentar