FK Unud Gelar International Exchange Program 2022, Hadirkan Pembicara dari Jepang

FK Unud gelar International Exchange Program 2022, dari tanggal 12 Nopember sampai dengan 10 Desember 2022. (Foto: Unud)





Redaksi9.com - Bekerja sama dengan Faculty of Health and Welfare Kobe Woman University Jepang, Prodi Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas kedokteran Universitas Udayana  menggelar International Exchange Program dengan tema “Wellness tourism and Quality of Life”. Kegiatan dilaksanakan selama 7 sesi dari tanggal 12 Nopember sampai dengan 10 Desember 2022.

International Exchange Program dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan pertukaran informasi dan pengembangan pembelajaran, terintegrasi pada Mata kuliah Keperawatan Pariwisata yang merupakan unggulan di Prodi Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas kedokteran Universitas Udayana.

Adapun metode pembelajaran terdiri dari perkuliahan, studi kasus, diskusi dan presentasi yang diikuti oleh mahasiswa di Prodi Keperawatan FK Unud dan Jepang. Selain itu mahasiswa akan melakukan kunjungan lapangan meliputi : Travel Clinic RSPTN Unud, RS BIMC, Pos Kesehatan Pantai serta layanan Wellness Tourism di Bali.

Pada sesi pertama dihadiri dan sekaligus dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi FK Unud Prof. dr. I Md Ady Wirawan, PhD, Pimpinan Pelayanan Keperawatan Faculty of Health and Welfare Kobe Woman University Jepang Prof. Taeko Izumi, PhD, Koordinator Unit Informasi dan Kerjasama FK Unud Dr. dr. Ida Ayu Ika Wahyuniari, Koordinator Akademik Prodi Keperawatan FK Unud Ns. Ni Komang Ari Sawitri, M.Sc. PhD, Koordinator kegiatan Ns. Kadek Eka Swedarma, M.Kes serta Fasilitator kegiatan pembelajaran.

Narasumber utama International Exchange Program yaitu Prof. Hiroko Honda, PhD dari Kobe University, Yoji Otani, PhD dari Okayama University, Dr. I Gst Bagus Sasrawan Mananda, M.Par dari Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Dr. dr. Ni Made Sri Nopiyani, M.PH dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana serta moderator Prof. Kajiwara. Pada proses pembelajaran Keperawatan Pariwisata didukung oleh Narasumber dari Unit Travel Medecine FK Unud, Prodi Kesehatan Masyarakat FK Unud, Prodi Keperawatan FK Unud, RS BIMC serta 211 Emergency in Tourism Health Services.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi berbagai masalah kesehatan terkait dengan perjalanan wisata, serta menyiapkan strategi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup wisatawan maupun masyarakat daerah tujuan wisata berdasarkan perspektif keperawatan. Kedepan diharapkan kegiatan ini bisa berkembang dan lebih inovatif dengan melibatkan beberapa Institusi Pendidikan maupun Pelayanan baik di dalam negeri maupun luar negeri. (unud.ac.id)

 

TAGS :

Komentar