Kongres IndoMS di Prodi Matematika FMIPA Unud, Sepakat Usulkan 15 Juli Hari Matematika Indonesia

Kongres IndoMS di Prodi Matematika FMIPA Unud, sepakat usulkan 15 Juli Hari Matematika Indonesia



Redaksi9.com – Himpunan Matematika Indonesia (Indonesian Mathematical Society), yang biasa disingkat IndoMS, mengusulkan tanggal 15 Juli ditetapkan sebagai Hari Matematika Indonesia.

Dalam Kongres IndoMS yang dilaksanakan pada hari Rabu 19 Oktober 2022 di Prodi Matematika FMIPA Universitas Udayana, Anggota IndoMS bersepakat untuk mengusulkan tanggal tersebut ke Pemerintah Indonesia.

IndoMS merupakan wadah bagi para matematikawan di Indonesia untuk bersama-sama melakukan kegiatan-kegiatan terkait matematika, misalnya seminar, workshop, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan lain-lain. Himpunan Matematika Indonesia didirikan pada tanggal 15 Juli 1976 di Bandung.

Sebagai pendorong berdirinya adalah Prof. Dr. Lee Peng Yee yang kemudian dipikirkan banyak profesor, antara lain Prof. Andi Hakim Nasution., Prof. Moedomo, Prof. Soehakso, Prof. Slamet Dayono, dan lain-lain. Himpunan ini merupakan wadah bagi matematikawan, pendidik, pengguna, dan penggemar matematika.

Informasi dasar tentang IndoMS termasuk anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, beserta program kerja, dan pengurusnya dapat dilihat pada website IndoMS di http://indoms.id

Saat ini IndoMS mempunyai lebih dari 2.000 anggota yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Penetapan Hari Matematika Indonesia dipandang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada matematika, ilmu yang sering dianggap sukar namun sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Presiden IndoMS, Prof. Dr. Indah Emilia Wijayanti, menyatakan hal tersebut di depan 220 orang peserta Kongres IndoMS yang hadir secara daring dan sejumlah peserta bergabung secara live streaming via Yuotube. Sidang kongres IndoMS tahun 2022 dipimpin Dr. G.K. Gandhiadi, M.T., dari FMIPA Universitas Udayana sebagai ketua panitia penyelenggaranya. (rls)

TAGS :

Komentar