Kepala Perpusnas RI Apresiasi Budaya Literasi Kota Denpasar

Sagung Antari Jaya Negara saat dikukuhkan sebagai Bunda Literasi oleh Ketua Perpustakaan Nasional (Foto: dps)


Redaksi9.com -  Pengukuhan Bunda Literasi Kota Denpasar dengan tema "Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital," dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhamad Syarif Bando, Selasa (18/10) yang berlangsung di ruang Taksu Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar. 

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya secara resmi mengukuhkan Ny. Sagung Antari Jaya Negara sebagai Bunda Literasi Kota Denpasar yang ditandai dengan, menyelempangkan kain serta pemberian hand buket bunga. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Plt. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI Deni Kurniadi,

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Adin Bondar, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua Gerakan Organisasi Wanita Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Dalam sambutannya Kepala Perpusnas RI, Muhamad Syarif Bando menyampaikan apresiasi terhadap budaya literasi di Kota Denpasar. Berkesempatan hadir di Kota Denpasar dan bertatap muka dalam pelaksanana pengukuhan Bunda Literasi dan bersinergi dalam kegiatan budaya literasi  di Gedung Dharma Negara Alaya sebagai gedung dengan arsitektur khas Bali dan perpaduan modern yang menjadi gedung kreatif dan budaya dalam peningkatan inovasi dan kreativitas insan muda Denpasar.

"Saya apresiasi langkah Wali Kota Jaya Negara dan Wakil Wali Kota Arya Wibawa membawa kemajuan Kota Denpasar serta kemajuan kebudayaan sebagai simbol yang akan kita pakai dimana Denpasar sebagai kota wisata dunia," ujarnya.

Disampaikan pula bahwa pesan dari naskah karya sastra kuno yang disampaikan dalam pengukuhan Bunda Literasi Denpasar yakni "Nandurin Karang Awak," yang di dalamnya mengandung filosofi untuk terus berinovasi dan terus belajar. 

"Komitmen wali kota dalam peningkatan  literasi di Kota Denpasar yang telah ditunjukkan dalam kemajuan teknologi informasi serta keberlangsung kebudayaan yang ada, serta kami mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Ny. Sagung Antari sebagai Bunda Literasi Denpasar," ujarnya. 

Sementara Wali Kota Jaya Negara mengatakan bahwa kegiatan Pengukuhan Bunda Literasi mengusung spirit  dari seorang sastrawan besar  Bali dan juga seorang sulinggih yakni Ida Pedanda Made Sidemen dengan karya sastra Selampah Laku yang bersisi filosofi  "Nandurin Karang Awak" dan  mengandung makna  bahwa hendaknya kita selalu melihat ke dalam diri sendiri dan kemudian menanami diri kita dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan, setalah itu menggunakan dan menyebarkan ilmu pengetahuan tersebut untuk tujuan kebaikan. Spirit kami dalam memimpin Kota Denpasar mewujudkan Denpasar sebagai kota kreatif yang berbasiskan budaya untuk mewujudkan Denpasar Maju "Makmur, Aman, Jujur, dan Unggul. 

Lebih lanjut Jaya Negara juga  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Perpusnas RI beserta jajaran yang telah hadir di Denpasar, dan mohon dukungan serta bimbingan sehingga budaya literasi di Denpasar dapat berjalan dengan baik. (dps)


TAGS :

Komentar