Putri Koster Ajak Anggota PAI Bali, Lestarikan Anggrek Lokal Bali

Ny Putri Koster saat dilantik menjadi Ketua DPD PAI Provinsi Bali



Redaksi9.com - Ketua DPP Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI), Rita Subowo melantik Ny. Putri Suastini Koster sebagai ketua DPD PAI Provinsi Bali masa bakti 2021-2026 bertempat di Gedung Ksirarnawa, Art Centre Denpasar. Dalam kesempatan tersebut turut serta dilantik DPC PAI Kabupaten-Kota se-Bali masa bhakti 2022-2027, Minggu (29/5).

Ketua DPD PAI Provinsi Bali, Ny. Putri Koster sangat concern terhadap keberlangsungan anggrek lokal asli Bali. Menurutnya, anggrek lokal asli Bali tidak kalah dengan anggrek import yang sering ditemui, walaupun tidak mencolok namun anggrek asli Bali tetap cantik dan elegan, apalagi ketika dirawat dan ditempatkan dengan baik untuk memperindah halaman rumah.
Pendamping orang nomor satu di Bali ini berkeinginan memperkenalkan anggrek asli Bali kepada generasi penerus Bali. Sayang jika jenis anggrek lokal Bali hilang.

Berkenaan dengan hal tersebut maka tema acara yang diangkat adalah ‘Anggrek Kembali’. Tujuannya adalah untuk melestarikan dan mengembalikan Anggrek Lokal Asli Bali yang awalnya tidak diperhatikan agar dapat dikenal kembali, baik oleh masyarakat Bali maupun dunia.
Saat melantik DPC PAI Kab/Kota, Bunda Putri langsung memberikan arahan kepada DPC agar dapat menginventarisir anggrek lokal Bali yang ada di wilayahnya khususnya pada Kabupaten/Kota yang masih memiliki hutan yang terjaga. Ada 2 (dua) misi yang diemban oleh DPD PAI yaitu melestarikan dan mengembangkan Anggrek khususnya Anggrek Asli Bali. Namun pelestarian anggrek asli Bali adalah fokus utamanya.


Ny. Putri Koster mengajak masyarakat Bali untuk menjaga dan merawat kekayaan nasional salah satunya Anggrek Bali sehingga Bali tidak hanya terkenal indah karena lukisan dan patungnya namun juga indah karena Anggrek Balinya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali Wayan Sunada menyampaikan bahwa di Bali cukup banyak bunga anggrek lokal Bali khususnya di hutan-hutan yang masih terjaga. Selain itu potensi pengembangan anggrek Bali masih sangat baik, terlebih Bali sebagai destinasi pariwisata dunia sangat mungkin anggrek Bali dikenal di pangsa internasional.

"Anggrek Bali adalah warisan leluhur yang perlu kita jaga dan lestarikan. Hiasi halaman-halaman rumah kita dengan Anggrek Bali. Anggrek Bali Kembali ; Anggrek Bali dilestarikan dan dikenal kembali," kata Sunada. (hms)

TAGS :

Komentar