Dikukuhkan 28 Mei 2022, Unud Perkenalkan Enam Guru Besar Baru

Enam guru besar baru Unud berfoto bersama Rektor Unud dan Ketua Forum Guru Besar saat acara media gathering, 24 Mei 2022 (Foto: ira)



Redaksi9.com - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di institusi perguruan tinggi, Rektor Universitas Udayana, Prof. I Nyoman Gede Antara, secara resmi memperkenalkan enam guru besar baru Universitas Udayana (Unud), Selasa (24/5).

Keenam guru besar Unud tersebut akan dikukuhkan Sabtu, 28 Mei 2022, yakni Prof. dr. drh. I Made Dwinata, M.Kes (Fakultas Kedokteran Hewan), Prof. Dr. Ir. I Putu Sampurna, MS (Fakultas Kedokteran Hewan), Prof. Dr. Dra. Ida Ayu Made Puspani, M.Hum (Fakultas Ilmu Budaya), Prof. Dr. Dra. Wiwik Susanah Rita, M.Si (Fakultas MIPA), Prof. Dr. dr. Tjokorda Gde Agung Senapathi, Sp.An., KAR (Fakultas Kedokteran), dan Prof. Ir. Ida Ayu Astarini, M.Sc., Ph.D (Fakultas MIPA).

Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU dalam sambutannya menyampaikan data di Unud menunjukkan capaian guru besar rata-rata usianya lebih muda. Dia dia berharap capaian guru besar bisa dicapai dalam umur 20 tahun atau 30 tahun.

"Rasio dosen yang bergelar guru besar di Universitas Udayana sekitar 12 persen dan saat ini naik menjadi 12,6 persen. Dia juga menyampaikan saat ini jumlah Lektor Kepala di Unud sekitar 300 orang dan diharapkan dapat segera berproses menjadi Guru Besar kedepannya," ungkapnya, dalam media gatering dengan awak media tersebut.

Ia juga memastikan penambahan guru besar dari segi jumlah akan berdampak kepada kualitas lulusan

Sementara itu, Ketua Forum Guru Besar Universitas Udayana Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD dalam sambutannya menyampaikan bahwa dibentuknya Forum Guru Besar Universitas Udayana adalah semata-mata untuk mendukung kemajuan institusi di bidang pendidikan. “Kami berharap Guru Besar Universitas Udayana agar dapat bersama-sama memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di institusi Universitas Udayana,” kata Prof. Suastika. 

Dalam kesempatan itu, Rektor Unud Prof Antara juga menyinggung soal akreditasi Unud sudah meningkat dari A menjadi Unggul. Infrastruktur kampus juga sudah mulai dibangun seperti merencanakan membangun 8 Dekanat. Begitu pula perpustakaan, Gedung Kuliah, RS Udayana, Rumah Sakit Gigi dan Mulut.

Untuk proses perkuliahan, Prof. Antara berharap tahun 2023 nanti seluruh mahasiswa menempuh pendidikan di kampus Unud Jimbaran. Saat ini dirinya menambahkan setelah tengah menyelesaikan ruang belajar untuk mahasiswa di kampus Unud.

Antara juga menambahkan, kegiatan media gatering dengan awak media yang digelar di Nusantara Cuisine I Universitas Udayana tersebut juga sebagai ajang memperkenalkan restoran baru yang melayani soal makan dan minum di lingkungan kampus. Ke depan, ia berharap setiap kegiatan yang digelar di kampus tidak lagi memakai kotak sehingga mengurangi sampah. (ira)

TAGS :

Komentar