PAKIS Bali Gelar Webinar Memahami KDRT

Ny Putri Koster




Redaksi9.com - Menyikapi masih maraknya terjadi kekerasan dalam rumahtangga (KDRT), Pasikian Paiketan Krama istri (PAKIS) MDA Bali menggelar webinar dengan tema "Memahami Kekerasan Dalam Rumahtangga", Kamis (12/5).

Manggala Utama PAKIS Bali, Ny. Putri Suastini Koster dalam sambutan pembukanya menegaskan, PAKIS Bali tidak hanya bicara soal adat, tapi juga masuk ke ranah keluarga sesuai namanya krama istri.

"PAKIS ingin memberi pemahaman, bahwa sekarang ini sudah ada UU-nya yang bisa menjerat pelaku kekerasan dalam rumahtangga. KDRT dalam rumahtangga tidak hanya melulu soal kekerasan fisik tapi juga mencakup kekerasan verbal atau psikis. Kekerasan tidak hanya dari suami kepada istri, atau orangtua kepada anak, tapi juga kekerasan dapat juga dilakukan seorang istri kepada suami," kata Putri Koster.

Ia menambahkan, saat ini PAKIS sudah dibentuk di kabupaten/Kota. Ia berharap, keberadaan PAKIS di seluruh kabupaten/kota dan provinsi dapat bersinergi bersama-sama menjalankan visi Gubernur Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Dimana artinya, mengingatkan kembali kepada masyarakat Bali dan membangunkan kesadaraan sesungguhnya apa yang harus dilakukan masyarakat Bali, bagaimana agar manusia dan alam Bali, damai, rahayu, dan sejahtera.

"PAKIS menghadirkan seorang pakar Prof LK Suryani yang akan memberi pemahaman apa yang namanya KDRT, apa penyebab KDRT dan bagaimana cara mencegah agar di dalam keluarga tidak terjadi KDRT. Saya berharap webinar ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat Bali soal KDRT dan jangan sembarangan main pukul karena sudah ada UU-nya," imbuhnya. (ira)






TAGS :

Komentar