Gubernur Bali Keluarkan Instruksi Perayaan Tumpek Wayang dengan Upacara Jagat Kerthi

Gubernur Bali Wayan Koster


Redaksi9.com - Gubernur Bali Wayan Koster menginstruksikan kepada seluruh Bupati/walikota dan pemangku masyarakat di Bali untuk melaksanakan perayaan Rahina Tumpek Wayang dengan Upacara Jagat Kerthi. Hal itu disampaikan dalam jumpa pers dengan awak media, Sabtu (12/2) di Gedung Gajah, Jayasabha Denpasar.

Tumpek Wayang merupakan cerminan dimana dunia yang diliputi dengan kegelapan manusia oleh kebodohan, keangkuhan, keangkaramurkaan. Oleh sebab itu Siwa pun mengutus Sanghyang Samirana turun ke dunia untuk memberikan kekuatan kepada manusia yang nantinya sebagai mediator di dalam menjalankan aktivitasnya.

Menindaklanjuti hal tersebut Gubernur Bali mengeluarkan instruksi Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2022 tentang perayaan Rahina Tumpek Wayang dengan upacara Jagat Kerthi sebagai pelaksanaan tata-titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sat Kerthi dalam Bali Era Baru.

Gubernur Koster berharap, nilai-nilai adiluhung Sat Kerthi perlu dipahami, dihayati, diterapkan, dan dilaksanakan secara menyeluruh konsisten berkelanjutan dengan tertib disiplin dan penuh rasa tanggungjawab oleh seluruh masyarakat Bali sesuai dengan upaya mewujudkan visi pembangunan daerah Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru

Berikut poin penting dalam instruksi Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2022 tentang perayaan Rahina Tumpek Wayang

1. Melaksanakan perayaan Rahina Tumpek Wayang dengan upacara Jagat Kerti sebagai pelaksanaan tata-titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal sakerti dalam era baru sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari intruksi ini.

2. Mendorong semua pihak bersinergi secara gotong-royong melaksanakan nilai-nilai adiluhung Jagat Kerthi sesuai tata-titi kehidupan masyarakat Bali.

3. Instruksi ini harus dilaksanakan dengan tertib, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab sebagai pelaksanaan visi Pembangunan Daerah Nangun Sat kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru.

4. Intruksi ini mulai berlaku pada hari Sabtu (Saniscara Wage Prangbakat) , tanggal 12 Februari 2022. (hms)


TAGS :

Komentar