Pemberdayaan Masyarakat Klungkung, PLN Salurkan Bantuan Alat Hidroponik

Penyerahan bantuan alat hidroponik di Banjarangkan Klungkung

Redaksi9.com – PLN UID Bali salurkan dana bantuan program PLN Peduli total sebesar Rp168.275.000,- sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan kepada kelompok - kelompok UMKM di Kabupaten Klungkung, Jumat (26/11).

Bertempat di Balai Banjar Negari kecamatan Bajarangkan, Klungkung, bantuan yang disampaikan langsung oleh Manager UP3 Bali Timur, Andre Pratama Djatmiko kepada Bupati Klungkung, I Wayan Suwirta antara lain berupa bantuan pelatihan dan alat hidroponik.

Dalam sambutannya, Andre manyampaikan bahwa sejalan dengan semangat mendukung ketahanan pangan nasional, PLN turut meluncurkan program Electrifying Agriculture sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Bantuan TJSL kali ini pun semangatnya tidak jauh – jauh dari hal itu, sehingga kami berharap melalui bantuan alat hidroponik ini mampu mendukung ketahanan pangan bagi keluarga dan juga bermanfaat bagi kelompok UMKM untuk mengembangkan produksinya,” terang Andre.

Alat hidroponik yang diberikan senilai Rp 100 juta ini rencananya akan dimanfaatkan oleh 31 kepala keluarga yang berasal dari Ds. Tusan dan Ds. Negari. Selain itu, PLN juga menyalurkan bantuan kepada Kelompok Pengrajin Batok Kelapa Kreatif berupa alat produksi pengolahan batok kelapa sebesar Rp27.275.000,- Kelompok Pengrajin Sari Bambu berupa alat pengolahan bambu sebesar Rp. 21.000.000,- dan kepada kelompok Wanita Tani Karunia Mesari sebesar Rp20.000.000 berupa alat produksi pengolahan jajan basah dan jajan kering.

I Wayan Suwirta, Bupati Klungkung, menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat.

“Kami berharap bantuan yang disampaikan ini dapat memberikan manfaat dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan bagi penerima bantuan dapat memanfaatkannya secara optimal serta bisa memberikan nilai tambah bagi keluarga,” jelas Suwirta.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian Klungkung, I Wayan Sumarta, dan Camat Banjarangkan, Dewa Komang Aswin ini dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan PLN Mobile oleh Tim PLN ULP Klungkung yang dipimpin oleh Manager ULP Klungkung, Komang Tria Aprianta.

PLN Mobile merupakan inovasi digitalisasi layanan PLN yang sudah mampu memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan kelistrikan.

“Diharapkan masyarakat di desa ini nantinya dapat memaksimalkan PLN Mobile jika membutuhkan layanan PLN,” ungkap Komang Tria. (rls)

TAGS :

Komentar