Gubernur Koster Raih Penghargaan Top Pembina BUMD 2021

Gubernur Bali Wayan Koster mendapatkan penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2021

Redaksi9.com - Gubernur Bali Wayan Koster mendapatkan penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2021. Selain itu,  PT Bank Pembangunan Daerah Bali juga mendapatkan penghargaan sebagai Top BUMD Awards 2021 Bintang 4. Sementara, Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman Sudharma dinobatkan sebagai Top CEO 2021. 

Penghargaan ini diselenggarakan Majalah TOP Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Padjadjaran Bandung. Penghargaan diserahkan di Dian Ballroom Hotel raffles Jakarta, (10/9).  Dewan juri terdiri dari  10 Profesor, dan beberapa Doktor,  serta praktisi  dan Konsultan Bisnis. Peserta terdiri dari  200 Nominasi BUMD Terbaik, dari 1150 BUMD yang sudah diseleksi awal. 

Menurut Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman Sudharma,  tujuan dan Harapan Penyelenggaraan TOP BUMD adalah untuk membangun perekonomian Indonesia melalui percepatan pembangunan Ekonomi Daerah, dengan meningkatkan jumlah BUMD yang kinerjanya Paling Top di Indonesia. Semakin banyak bermunculan BUMD hebat , yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usahanya agar kinerja dan layanan terus meningkat, sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah maupun di tingkat nasional.

Mekanisme Penilaian, dilakukan atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (kontribusi) yang telah dilakukan BUMD terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. Wawancara juga dilakukan terhadap para CEO dalam penentuan pemenang. 

Predikat Bintang 4 untuk BUMD berdasarkan, beberapa indikator seperti, memiliki pencapaian kinerja yang baik, kepemimpinan dan manajemennya baik dan relatif selaras dengan Visi BUMD. Telah melakukan Inovasi / Perbaikan dan didukung teknologi informasi. Memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi Daerah. Secara Umum kombinasi pencapaian kinerja, upaya perbaikan dan kontribusi BUMD berpredikat sangat baik. 

I Nyoman Sudharma mengatakan, dengan meraih penghargaan secara umum Bank BPD Bali dinobatkan sebagai pemenang karena pencapaian kinerja yang baik. Selain itu, juga dinilai dengan kepemimpinan dan manajemen yang baik dan selaras dengan Visi BUMD. Bahkan di tengah pandemi, Bank BPD Bali terus melakukan inovasi dan perbaikan yang berkelanjutan serta berperan besar dalam pembangunan ekonomi di daerah. 

"Meskipun pandemi kami tetap berkomitmen demi memulihkan perekonomi di Bali sesuai visi misi pemerintah," kata Sudharma. (ira)
 

 

TAGS :

Komentar