Pawiba : Angkutan Wisata Bali di Ambang Bangkrut

Pengurus Pawiba menyebutkan angkutan wisata Bali di ambang kebangkrutan

Redaksi9.com - Persatuan Angkutan Wisata Bali (Pawiba) menyebutkan kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan pengusaha angkutan wisata di Bali mengalami kebangkrutan, bahkan ratusan kendaraannya sudah ditarik pihak leasing.

"Sedikitnya 100 unit armada bus kami sudah di tarik pihak leasing. Karena tahun ini sudah tidak ada rasa toleransi pihak leasing. Bagaimana  bisa membayar kewajiban pembayaran, karena armada kami tak beroperasi sejak terjadi pandemi Covid-19," kata Ketua Pawiba, I  Nyoman Sudiarta di Denpasar pekan lalu.

Ia mengatakan jika kondisi pandemi terus naik, dan sektor pariwisata Bali stagnan, maka pengusaha angkutan pariwisata sangat terpuruk sekali. Bahkan sejumlah pengusaha angkutan pariwisata sudah menjual kendaraannya dengan murah agar bisa membiayai hidupnya.

"Sudah ada pengusaha yang menjual kendaraannya. Bahkan kendaraan bus yang sudah tua dijual dengan cara dipotong," katanya.

Oleh karena itu, kata Sudiarta, berharap ada uluran dana dari pemerintah untuk membantu para pengusaha angkutan wisata yang bergabung di Pawiba. Sehingga sedikit tidaknya bisa membantu operasional usahanya.

Di tanya soal rencana pemerintah kegiatan "Work From Bali" (bekerja dari Bali), kata dia, memang rencana pemerintah itu bagus untuk pemulihan sektor pariwisata di Pulau Dewata.

"Ya.. kita berharap dengan kegiatan tersebut, seperti rencana pemerintah pusat agar dapat berdampak luas di masyarakat," kata Sudiarta didampingi pengurus Pawiba lainnya.(kis)

TAGS :

Komentar