Kiat Guru PAUD saat Pandemi

webinar Peran dan Kiat Guru PAUD di Masa Tatanan Kebiasaan Baru

Redaksi9.com - Dalam menjalani adaptasi kebiasan baru menghadapi pandemic Covid-19, para Bunda PAUD memiliki peran strategis dalam mendidik anak usia dini.  Selama ini anak menghadapi kebiasaan baru,  bagi anak SD, SMP dan SMA tentu tidak masalah karena sudah bisa mandiri, tapi bagi  anak tingkat PAUD atau usia dini harus dilakukan pendekatan berbeda. Dibutuhkan dukungan internal keluarga agar anak tetap menjalani proses belajar mengajar yang baik di masa pandemi.  Demikian disampaikan Bunda PAUD Kota Denpasar,  I.A Selly Dharmawijaya Mantra, dalam Webinar "Peran dan Kiat Guru PAUD di Masa Tatanan Kebiasaan Baru” Kamis (23/7) yang diselenggarakan IGTKI-PGRI Kota Denpasar di Damamaya Cyber Monitor, Graha Sewaka Dharma,  Lumintang, Denpasar. 

 Lebih lanjut dikatakan I.A Selly Dharmawijaya Mantra, berbagai program telah digalakkan Pemkot Denpasar dalam mengatasi kendala orangtua dalam mendidik anak dan berperan dalam keluarga. 

"Apresiasi kepada bunda PAUD di masa pandemi ini mengambil tugas sebagai seorang guru. Diharapkan juga para bunda PAUD mengurangi membaca berita yang menyesatkan atau hoax, tingkatkan imun, serta berolahraga dan seimbangkan aktivitas

Baca juga: KAGAMA Bali dan Bunda PAUD,  Beri Ruang Salurkan Kreativitas Anak-anak

Peran bunda PAUD sangat berperan mengatur aktivitas keluarga dalam menghadapi adaptasi baru dengan tetap menerapkam protokol kesehatan. Tentu tantangan bagi orangtua dewasa ini bagaimana mempersiapkan anak beradaptasi dalam menghadapi tatanan kebiasaan baru di saat pandemi. Banyak kendala yang muncul maka dari itu dibutuhkan komunikasi yang baik antar sekolah, orangtua dan tenaga pendidik untuk mengatasi kendala tersebut" ujar Ny.Selly. 

Sementara Ketua IGTKI -PGRI Kota Denpasar , Made Aryaningsih menjelaskan kegiatan ini memiliki tujuan sebagai peningkatan mutu pendidik PAUD di kota Denpasar.

"Disinilah peran guru dan ibu karena saat pandemi ini diharapkan orangtua murid berperan aktif dalam melatih anak agar perkembangan anak tetap berjalan meningkat sekalipun ditengah Pandemi - covid19. Webinar ini diikuti 500 peserta pendidik PAUD se Kota - Denpasar" ujarnya. (kis)

TAGS :

Komentar