Cegah Covid-19, Semua Pakai Masker Baik Orang Sakit ataupun Sehat

Dewa Made Indra

Redaksi9.com - Penambahan kasus positif hari ini sebanyak 14 orang, diantaranya 12 orang Imported Case dan 2 orang Transmisi Lokal atau yang diakibatkan memiliki riwayat kontak langsung dengan orang positif Covid-19 terlebih dahulu. Jumlah total kasus positif Covid-19 di Bali sebanyak 63 orang. Demikian update terbaru yang disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Bali, Dewa Made Indra Kamis, (9/4).

Ia menambahkan, jumlah pasien yang sembuh sebanyak 19 orang dan jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal tetap 2 orang.

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, lanjutnya, maka perlunya semua pihak melanjutkan dengan penuh disiplin untuk menggunakan masker di tempat terbuka.

"Penggunaan masker memiliki dua fungsi yakni bagi yang sakit batuk dan flu maka percikan/ droplex akan tertahan oleh masker yang menyebabkan percikan itu tidak akan keluar dan mengenai orang lain," kata Dewa indra.

Sedangkan, penggunaan masker bagi yang sehat, kata dia, akan terhindar dari percikan orang lain terutama pada wajah bagian hidung, mulut dan mata.

Ia juga meminta, masyarakat harus disiplin dan rajin untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Karena penyebaran virus yang menempel pada benda tertentu yang kemudian kita sentuh dan menempel pada tangan akan lebih mudah hanyut melalui sabun dan air mengalir.

Selain itu, hindari menyentuh bagian wajah terutama hidung, mulut dan mata setelah menyentuh benda tertentu dan sebelum mencuci tangan.

"Karena tiga indera dalam tubuh kita tersebut akan memudahkan bagi virus corona untuk masuk ke tubuh," kata Dewa Indra.

Ia meminta tetap secara disiplin untuk menjaga jarak dari orang lain, karena tidak semua orang yang terinfeksi virus corona akan menunjukkan gejala. (ira).

TAGS :

Komentar