Buleleng Terima Pataka dan Panji Pahlawan I Gusti Ngurah Rai

Pataka dan panji pahlawan I Gusti Ngurah Rai

Redaksi9.com - Napak tilas pembawa Pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai tiba di Kabupaten Buleleng, Selasa (12/11). Penyerahan Pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai ini diterima di Lapangan Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak dengan prosesi Apel. Dalam apel serah terima ini, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG bertindak selaku Inspektur upacara disaksikan oleh anggota Forkopimda Buleleng, Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng, dan LVRI.

Serah terima ini dilaksanakan pula penanda tanganan berita acara serah terima oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG. dalam pelaksanaan apel tersebut, dibacakan juga surat sakti I Gusti Ngurah Rai kepada Overste Termuelen yang menggambarkan penolakan masyarakat di Bali akan kehadiran pasukan Belanda, dan Siap mengusir pasukan Belanda dari tanah Bali. Hal ini menandakan kebesaran jiwa perjuangan I Gusti Ngurah Rai dan masyarakat Bali pada saat itu. Napak tilas pembawa Pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai ini diselenggarakan serangkaian Hari Pahlawan.

Sebelumnya, Pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai ini bersemayam di Kabupaten Jembrana. Usai melakukan serah terima, pembawa Pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai kemudian dilepas oleh Wabup Sutjidra untuk mengikuti rute yang sudah ditentukan.

Dalam rute tersebut, rombongan akan menuju Monumen Dharma Yudha Mandala di ex. Pelabuhan Buleleng, kemudian menuju Taman Makam Pahlawan Curastana untuk berziarah. Kemudian rombongan menuju monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti untuk disemayamkan.

Lalu pada hari Rabu (13/11) rombongan melanjutkan perjalanan menuju Lapangan Desa Abang Kabupaten Karangasem untuk diserah terimakan ke kabupaten Karangasem.

Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG mengatakan, Napak tilas ini merupakan salah satu cara menghargai dan mengenang kepahlawanan dari Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Wabup Sutjidra menambahkan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme. Ia berharap, generasi muda Buleleng bisa mengimplementasikan semangat dari I Gusti Ngurah Rai tersebut.

“Saya berharap saat ini generasi muda bisa menjadikan perjuangan I Gusti Ngurah Rai sebagai panutan bagaimana mereka bisa menatap masa depan mereka dengan pantang menyerah,” harapnya. (JOZ)

TAGS :

Komentar