Mahasiswa Fakultas Teknik Unud Beri Pelatihan Pengunaan Mesin Cacah Sampah

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa BEM Fakultas Teknik Universitas Udayana yang bertempat di Banjar Witajati, Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng (27/10).  (Foto; FT Unud)

Redaksi9.com -   Telah terlaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa BEM Fakultas Teknik Universitas Udayana yang bertempat di Banjar Witajati, Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng (27/10). 

 Kegiatan ini berupa pelatihan penggunaan mesin cacah sampah dan Pelatihan Mesin Jahit Karung agar menghasilkan produk dengan nilai ekonomis lebih tinggi.

Dalam proses pelatihan itu, turut diserahkan bantuan alat pencacah sampah dan mesin jahit karung. Untuk diketahui, mesin pencacah sampah organik merupakan alat yang berfungsi untuk mencacah sampah organik, dalam hal ini berupa makanan sisa maupun sampah perkebunan menjadi potongasn yang lebih kecil sehingga mempercepat proses dekomposisi menjadi pupuk organik. Setelah dicacah, pupuk organik kemudian di tampung pada karung dan di jahit menggunakan mesin jahit karung.

Kegiatan ini diharapkan memberi dampak langsung terhadap Warga desa dan juga kelompok tani serta Bank Sampah yang bisa membuat produk olahan sampah seperti pupuk organik dari sampah organik.

Adapun pelatihan ini dihadiri sebanyak  20 orang Warga Banjar Witajati serta Kelompok Tani Desa Wita Jati yaitu juga merupakan tindak lanjut dari koordinasi yang sudah dilakukan dengan Pemerintahan Desa Selat dimana Pemerintahan Desa ingin melakukan suatu perubahan. (unud.ac.id)

 

TAGS :

Komentar