Angkasa Pura 1 Borong 18 Penghargaan dari Airports Council International

PT Angkasa Pura I (AP1) menerima 18 penghargaan prestisius tingkat dunia dalam ajang Airport Service Quality Awards 2022 (ASQ Awards 2022) yang diselenggarakan oleh organisasi pengelola bandara di dunia yakni Airports Council International (ACI). Foto; ist

 

Redaksi9.com  – PT Angkasa Pura I (AP1) menerima 18 penghargaan prestisius tingkat dunia dalam ajang Airport Service Quality Awards 2022 (ASQ Awards 2022) yang diselenggarakan oleh organisasi pengelola bandara di dunia yakni Airports Council International (ACI). Jumlah ini menjadi penghargaan terbanyak sepanjang sejarah AP1 sejak keikutsertaan dalam ASQ Awards.

Acara penyerahan 18 penghargaan tersebut dilaksanakan pada Rabu (6/9) malam di tengah agenda ACI Customer Experience Global Summit (ACI CEGS) yang berlangsung di Incheon, Korea Selatan. Sebelumnya, pengumuman pemenang ASQ Awards 2022 telah dilaksanakan pada awal Maret 2023 silam.

Dari 15 bandara yang dikelola AP1, sebanyak 8 bandara yang menerima 18 penghargaan ASQ Awards 2022 antara lain Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 5 penghargaan, Bandara Pattimura Ambon dengan 4 penghargaan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 2 penghargaan, Bandara Juanda Surabaya dengan 2 penghargaan, Bandara Internasional Yogyakarta dengan 2 penghargaan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 1 penghargaan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan 1 penghargaan, dan Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 1 penghargaan.

"Di hari ini, saya mewakili seluruh Insan Angkasa Pura I merasa sangat bangga dan sekaligus terharu saat menerima penghargaan secara langsung. Sebanyak 18 penghargaan yang berhasil diraih oleh 8 bandara kami tersebut merupakan sebuah capaian bersejarah bagi Angkasa Pura I. Prestasi yang sangat luar biasa ini merupakan wujud apresiasi, pengakuan, dan bukti nyata dari upaya kami dalam menepati komitmen pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

"Capaian bersejarah tersebut juga merupakan salah satu buah manis dari optimalisasi tiga hal utama dalam pelayanan, yakni _people, process, and technology_. Integrasi tiga hal tersebut pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan standar layanan atau _level of service_, yang pada akhirnya membawa dampak positif terhadap peningkatan kepuasan pelanggan," imbuh Faik Fahmi.

ASQ Awards merupakan satu-satunya program pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa bandara yang diselenggarakan oleh organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada, yaitu Airports Council International (ACI). ASQ Awards merupakan wujud pengakuan kepada pengelola bandara-bandara di dunia yang mampu memberikan _customer experience_ atau pengalaman pelanggan terbaik yang didasarkan atas suara pengguna jasa bandara. Penghargaan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, serta saat ini melibatkan 400 bandara di 95 negara di dunia.

Dikutip dari rilis resmi ACI, Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira menyatakan pentingnya pelayanan pelanggan di bandara. "Pengguna jasa bandara adalah inti dari segalanya, yang dalam hal ini tercermin dari setiap aspek program penilaian dalam Airport Service Quality (ASQ). Hasil penilaian dari pengguna jasa bandara juga telah menunjukkan dan mengakui berbagai upaya yang telah dilakukan para pengelola bandara dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang berkesan," ujarnya. (rdk)
 

TAGS :

Komentar