Selamatkan Laut, Rodalink Gelar Aksi Pungut Sampah Plastik

Rodalink Denpasar bersama komunitas sepeda gelar aksi pungut sampah plastik di Pantai Seminyak, Bali.

Redaksi9.com - Rodalink Indonesia-Denpasar kembali menyelenggarakan "Bike for Life" dengan mengusung tema "No Plastic Day" sebagai wujud dukungan sekaligus kesadaran penggemar olahraga sepeda untuk mengurangi sampah plastik, yakni memungut sampah plastik.

Marketing Manager Rodalink Indonesia Lucky Tantra di Pantai Seminyak, Kabupaten Badung, Minggu, mengatakan , kegiatan "Bike for Life" menjadi agenda rutin yang digelar setiap bulannya dan berlanjut di kota lain, antara lain Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

"Melalui kegiatan ini, kami mengajak setiap orang untuk melakukan sesuatu yang peduli pada bumi. Termasuk juga diharapkan bumi ini bebas dari sampah plastik," ujarnya.

Ia mengatakan dalam kegiatan bersepeda dan bersih-bersih sampah di kawasan Pantai Seminyak, Bali melibatkan  sedikitnya 200 pesepeda di Pulau Dewata dengan antusias memunguti sampah plastik yang berserakan di seputar pantai.

Aksi tersebut, kata dia, mendapat perhatian dari para pengunjung sehingga wisatawan juga turut serta membersihkan limbah plastik mulai dari bekas botol minuman, kemasan makanan, serpihan ember dan gelas plastik.

Data PBB mencatat, setiap tahunnya terdapat lima triliun kantong plastik yang digunakan di seluruh dunia. Sebanyak 13 juta ton sampah plastik menjadi polusi di lautan. Akibatnya, sebanyak 100 ribun satwa di laut mati setiap tahun. Sementara itu, perlu waktu hingga 100 tahun agar sampah plastik dapat terurai.

Gede Cakra, seorang peserta "Bike for Life" mengatakan sangat senang bisa ikut dalam kegiatan ini setiap bulan di Bali. Dan sebelumnya juga acara yang sama digelar di Pantai Sanur, Kota Denpasar.

"Saya senang melihat usaha yang besar untuk mulai bergerak. Ini cara yang tidak boleh berhenti untuk dilakukan karena pantai adalah habitat bagi satwa lain juga, jangan tinggalkan sampah di pantai. Gerakan ini sebagai upaya mendukung Program Pemerintah Provinsi Bali, yakni Bali harus bebas sampah plastik," ujarnya.

Sebelumnya, para pesepeda dari berbagai komunitas cycling di Bali berkumpul di outlet Rodalink Denpasar, kemudian gowes santai bersama menjelajah trek sepanjang 10 km menuju Pantai Seminyak, Kabupaten Badung.

Rodalink Indonesia yang telah memiliki 52 outlet sepeda di Indonesia dan mancanegara komitmen mengkampanyekan hidup sehat dengan berolahraga sepeda dan menjaga lingkungan.

Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah mendekati pasar dengan membuka cabang baru di beberapa kota. Dan pada awal September lalu membuka outlat cabang Rodalink di Cijantung, Jakarta Timur. (kis)

 

 

 

TAGS :

Komentar