Lomba Cerdas Cermat Susatra, PDI Perjuangan Jadi Garda Pemelihara Akar Adat Budaya Bali

Suasana lomba cerdas cermat susatra Bali digelar PDI Perjuangan Bali (Foto: redaksi9)

Redaksi9.com - Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali tingkat pelajar berlanjut di hari ke-2, yang dilaksanakan serangkaian pemperingati HUT ke-50 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP Perjuangan) dan Bulan Bung Karno Tahun 2023 Rabu (14/6). 

Kegiatan ini sebagai komitmen mendukung pemerintah daerah dalam memelihara bahasa, aksara dan sastra Bali. Sejalan visi Gubernur Bali, Wayan Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali yakni "Nangun Sat Kerthi Lokha Bali" serta memperkokoh komitmen PDI Perjuangan sebagai partai yang siap memelihara akar adat dan budaya Bali. 

Kegiatan lomba ini selama selama empat hari mulai 13-16 Juni 2023. Ketua Koordinator Lomba, Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana menegaskan bahwa kegiatan lomba dilaksanakan sebagai bukti bahwa PDI Perjuangan Provinsi Bali sangat mendukung Pemerintah Provinsi Bali dalam memelihara bahasa, aksara dan sastra Bali. "Sat Kerthi itu terdiri dari Atma Kherti (menyucikan jiwa dan badan), Segara Kherti (menyucikan laut), Danu Kerthi (menyucikan danau atau sumber air), Wana Kherti (menyucikan hutan dan gunung), Jnana Kherti (menyucikan pikiran) dan Jagat Kerthi (menyucikan alam)," ujarnya.

Menghadirkan dewan juri yakni Prof. Dr. Drs. I Nyoman Suarka, M.Hum., selaku koordinator juri; Drs. I Nyoman Suwija, M.Hum., selaku juri 1; Drs. I Wayan Sugita, M.Si., selaku juri 2 dan Drs. Cokorda Putra Wisnu Wardana, M.Si., selaku juri 3.

Nyoman Suwija memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PDI Perjungan Provinsi Bali karena telah melaksanakan Perlombaan Cerdas Cermat Susastra Bali Tahun 2023 sebagai bukti bahwa partai ini sangat memperhatikan adat dan budaya Bali.

Iya mengungkapkan perasaannya yang sangat bahagia karena PDI Perjuangan siap menjadi garda terdepan dalam memelihara akar adat dan budaya Bali. "Dulu almarhum Bapak Ida Bagus Mantra menghadirkan Pesta Kesenian Bali yang bertujuan untuk melestarikan budaya Bali. Karena budaya memiliki akar yang perlu dipelihara oleh kita semua, maka PDI Perjuangan melalui Bapak Wayan Koster berusaha memelihara akar adat budaya Bali agar tetap ajeg sehingga nantinya pohon-pohon ini bisa berbuah dan berbunga," katanya. (ris)

TAGS :

Komentar