Sebanyak 20 Mahasiswa Universitas Udayana Ikuti Seleksi ONMIPA 2023 Tingkat Wilayah

Mahasiswa Universitas Udayana,Seleksi ONMIPA 2023 Tingkat Wilayah, bertempat di Ruang Lab CBT, Gedung Fakultas Kedokteran Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (23/5/23). 

Redaksi9.com - Dua puluh mahasiswa Universitas Udayana (Unud) mengikuti ajang seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) tahun 2023 untuk tingkat wilayah. Olimpiade ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bertempat di Ruang Lab CBT, Gedung Fakultas Kedokteran Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (23/5/23). 

Sekretaris Unit Penalaran dan Kreativitas Unud I Putu Tedy Indrayana dalam wawancaranya mengatakan olimpiade ini merupakan kelanjutan dari seleksi di tingkat universitas yang sudah diselenggarakan pada tanggal 8 Maret 2023. Mahasiswa yang mengikuti seleksi tingkat wilayah ini merupakan saringan atau seleksi tingkat wilayah yang dipilih 5 orang per masing-masing bidang yang terdiri dari  bidang matematika, bidang fisika, bidang kimia dan bidang biologi. 

Kesiapan yang dilakukan dalam seleksi ini adalah pembinaan para mahasiswa/delegasi dari Unud, agar  nantinya mereka siap mengikuti kompetisi di tingkat wilayah. Pembinaan ini dikoordinasikan dengan dosen pembimbing, sehingga mahasiswa dibina secara mandiri oleh para dosen pembimbing sebanyak 15 kali untuk masing-masing bidang, agar nantinya persiapan mahasiswa benar-benar mantap. 

Selain tingkat wilayah para mahasiswa juga diharapkan dapat lolos ke tingkat nasional, selama pembinaan ini juga diharapkan minimal setiap bidang itu diwakilkan oleh dua orang, yang artinya  nanti seleksi tingkat wilayah yang dicari adalah terbaik satu, tingkat wilayah untuk PTN dan tingkat wilayah terbaik satu untuk PTS. Selain itu diharapkan tidak saja sebagai terbaik satu untuk PTN tetapi juga berharap kepada peserta nanti bisa mengoptimalkan scorenya, sehingga bisa lolos passing grade. Melalui proses seleksi ini diharapkan akan terpilih kandidat-kandidat terbaik untuk kemudian melanjutkan ke tingkat delegasi hingga masuk ke jenjang Nasional.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5609-20-Mahasiswa-Universitas-Udayana-Ikuti-Seleksi-ONMIPA-2023-Tingkat-Wilayah.html

TAGS :

Komentar