Perpustakaan Keliling Kota Denpasar Sasar Ruang Publik

Perpustakaan Keliling Kota Denpasar Sasar Ruang Publik

Redaksi9.com - Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Bali secara gencar melakukan perpustakaan keliling di ruang publik dalam upaya mendorong budaya membaca di era Revolusi Industri 4.0.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, I Putu Budiasa di Denpasar, Rabu, menjelaskan bahwa pelaksanaan perpustakaan keliling merupakan sarana promosi serta publikasi sebagai upaya pengenalan kepada masyarakat 

"Langkah pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk membangkitkan serta mendorong kebiasaan membaca sebagai upaya meningkatkan budaya literasi bagi masyarakat dan siswa di Kota Denpasar guna mewujudkan generasi yang cerdas dan unggul," katanya.

Lebih lanjut Budiasa menjelaskan, bahwa secara umum perpustakaan keliling dijadwalkan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis dengan menyasar sekolah dan tempat umum di Kota Denpasar. Kegiatan ini juga dilaksanakan di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung serta Lapangan Lumintang setiap hari Minggu pukul 15.00 Wita. 

Selain itu, kata Budiasa, penyediaan pojok baca juga dilaksanakan di ruang publik dan gedung pelayanan publik guna memberikan pilihan referensi buku bagi masyarakat yang sedang menunggu antrian.

"Upaya ini merupakan komitmen kami di Kota Denpasar sebagai upaya menciptakan budaya literasi karena buku adalah gudang ilmu, serta dengan membaca mampu membuka jendela dunia," ujarnya.

Dari perpustakaan keliling ini masyarakat dan siswa dapat menjadi anggota. Hal ini dilakukan dengan membuat kartu tanda anggota (KTA), sehingga dapat melaksanakan peminjaman buku sebagai bahan bacaan di rumah.

Seorang siswi kelas IX SMPN 5 Denpasar, Ida Ayu Mas Pradnya Swari mengaku sangat bermanfaat dengan adanya perpustakaan keliling di Kota Denpasar. Karena dengan adanya perpustakaan keliling ini dirasa dapat menambah ilmu, pengetahuan dan wawasan.

"Ke depan perpustakaan keliling dapat lebih sering datang ke sekolah, dan kalau bisa setiap hari agar dapat dimanfaatkan siswa pada saat jam istirahat atau sebelum memulai pelajaran di kelas," ucapnya. (kis)

Komentar