Jadi Mitra Strategis Pemerintah, Ny. Putri Koster Ajak PKK Proaktif

Ny. Putri Koster didampingi Wakil Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny.Tjok Istri Putri Hariyani juga menyerahkan secara simbolis bantuan setelan baju kepada 44 sekaa gong serta penyerahan bantuan untuk lansia

Redaksi9.com - Organisasi PKK yang ditunjang dengan kelengkapan struktur kepengurusan terlengkap mulai tingkat pusat hingga organisasi masyarakat terbawah. Misalnya di Bali dengan memiliki kepengurusan hingga pada tingkat banjar. .

Memiliki keunggulan secara organisasi, dan di sisi lain sebagai mitra strategis pemerintah, PKK semestinya  harus mampu lebih berbuat banyak lagi. Khususnya terkait upaya mendorong program pemerintah dalam  meningkatan kesejahteraan masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster dalam  kunjungan kerja TP PKK Provinsi  Bali ke Kabupaten Bangli, Selasa (27/8).

"Sebaik apa pun program pemerintah, tanpa peran serta dan dukungan dari masyarakat, tentu akan sulit tercapai. Akan tidak maksimal. Di sinilah tugas dan peran kita sebagai PKK membantu pemerintah melaksanakan berbagai program kerjanya, untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Bahwasanya lanjut istri Gubernur Bali Wayan Koster ini,  apa yang tercantum dalam 10 Program Pokok PKK, seperti bidang pangan sandang, pendidikan, koperasi serta lingkungan, hal itu sangat sesuai dengan segala tujuan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

"Ini menunjukan, PKK sejak pembentukan awalnya adalah sebagai mitra strategis yang membantu pemerintah. Sekarang bagaimana kita harus proaktif bisa membangun sinergisitas, mengajak pula yang lain ikut bersama-sama mendorong berbagai program kerja pemerintah agar cepat tercapai. Khususnya yang terkait langsung dengan program peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya pada kunjungannya kali ini di Bangli menggandeng 12 Organisasi Perangkat Dearah (OPD) Pemprov Bali. Sekali lagi ditegaskannya bahwa segala keberhasilan program pemerintah akan lebih maksimal, apabila ada  keterlibatan semua pihak, termasuk PKK di dalamnya.

"Mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat membutuhkan koordinasi dan komitmen kita bersama. Mari kita bergerak seirama sesuai tugas kita masing-masing, dan tidak tumpang tindih. Kita wujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali era baru," ajak Ny. Putri Koster yang lebih dikenal sebagai seniman multitalenta tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha mengapresiasi kunjungan Ketua TP PKK Provinsi Bali beserta rombongan ke Kabupaten Bangli. Sedana Artha menyampaikan Kabupaten Bangli sangat mendukung berbagai program yang dicanangkan Pemprov Bali untuk mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Pihaknya juga  sangat mengapresiasi bantuan seragam sekaa gong yang diserahkan Pemprov Bali sebagai komitmen Pemprov Bali dalam pelestarian adat dan budaya. "Bantuan ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkarya memajukan seni, adat dan budaya yang diwariskan para leluhur kita," ujarnya.

Kunjungan TP PKK Provinsi Bali yang dilaksanakan di Wantilan Banjar Kayuamba, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli ini diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai pemeriksaan kesehatan dan mata, pasar murah, pameran kerajinan, layanan KTP dan pemeriksaan IVA Test serta lain.

Selain itu, Ny. Putri Koster didampingi Wakil Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny.Tjok Istri Putri Hariyani juga menyerahkan secara simbolis bantuan setelan baju kepada 44 sekaa gong serta penyerahan bantuan untuk lansia. (ira)

Komentar