Tiga Manfaat Aromaterapi

aromaterapi

Redaksi9.com - Pengobatan alternatif, seperti aromaterapi, kini banyak ditawarkan di pusat pijat, studio yoga, spa, dan tempat lainnya. Apa itu aromaterapi?

Menurut Sinar Sari, aromaterapi adalah jenis praktik pengobatan alternatif menggunakan wangi/aroma essential oil yang berasal dari berbagai macam tumbuhan yang memiliki sifat penyembuhan.

“Minyak atsiri aromaterapi terbuat dari bagian tumbuhan  baik dari bunga, daun, akar, biji, kulit kayu,  terbukti mampu meningkatkan kondisi fisik, emosional dan kesejahteraan spiritual. Kini semakin banyak orang mempertimbangkan aromaterapi karena memiliki efek antibakteri, anti-inflamasi dan analgesic,” ujarnya,

Beberapa alasan paling umum orang menggunakan aromaterapi diantaranya untuk mengelola rasa sakit, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, mengatasi gejala depresi, menenangkan nyeri sendi dan memerangi efek kanker.

Saat ini, terdapat ratusan jenis minyak aromaterapi yang tersedia di pasaran. Beberapa minyak aromatik populer yang mungkin pernah Anda dengar diantaranya adalah tea tree oil, lavender oil dan peppermint oil.

Manfaat aromaterapi bagi tubuh dan pikiran:

1. Relaksasi

Banyak penelitian membuktikan bahwa minyak esensial yang dipakai dalam aromaterapi, seperti minyak bunga lavender dan kamomil, dapat menenangkan Anda ketika dilanda kecemasan atau stres berlebih.

Aroma lavender dipercaya bisa memberikan efek relaksasi serta mengendalikan sistem saraf simpatis, yaitu sistem saraf yang bertanggung jawab pada respon stres fight or flight (melawan atau melarikan diri) dan gejala fisiknya, seperti tangan berkeringat atau jantung yang berdegup kencang.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Minyak aromaterapi membantu orang untuk mengurangi stres, dan  turut membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Seseorang dengan insomnia atau cemas di malam hari yang sering terjadi dapat menggunakan aromaterapi untuk membantu tidurnya.

Minyak esensial dalam aromaterapi yang digunakan dapat berupa minyak bunga lavender. Coba nyalakan diffuser kira-kira satu jam sebelum Anda tidur dengan minyak lavender atau minyak lainnya yang Anda inginkan.

3. Mengobati masalah pernapasan

Beberapa minyak aromaterapi memiliki antiseptik yang dapat membantu membersihkan udara dari bakteri, kuman, dan jamur. Organisme-organisme tersebut diketahui dapat mengganggu pernapasan, seperti sumbatan, batuk, atau bersin.

Tea tree oil atau minyak pohon teh dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antimikroba sedangkan minyak eukaliptus dianggap dapat melegakan pernapasan di saat flu.  (ira)

 

Komentar