GEMPABUMI TEKTONIK M 4,9 DIRASAKAN DI JEMBRANA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Pusat gempa

Redaksi9.com - Senin, 12 Agustus 2019 pukul 06.08.16 WITA, wilayah Jembrana diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 8,87 LS dan 114,47 BT, atau tepatnya berlokasi di laut  pada jarak 59 km barat daya Jembrana,  pada kedalaman 82 km.

•  Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

•  Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta III MMI  (Getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Banyuwangi dan Jembrana II-III MMI, Denpasar, Jimbaran dan Nusa Dua II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

•  Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

•  Periksa untuk pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan. Mohon cermati dan terus berlatih langkah - langkah praktis untuk antisipasi bahaya gempabumi, baik pada saat persiapan sebelum gempa, saat dan setelah gempabumi.

•  Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Denpasar, 12 Agustus 2019
  
Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar
  
Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS

Komentar