Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB Gelar ICMEM di Bali

Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB Gelar ICMEM di Bali

Redaksi9.com - Sekolah Bisnis dan Manajamen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) menyelenggarakan "International Conference on Management in Emerging Markets (ICMEM)" di Kuta Bali, 7-9 Agustus 2019.

Kegiatan ICMEM diadakan bersamaan dengan "Indonesia International Conference on Entrepreneurship and Small Business (IICIES) ke-11, International Graduate Colloquium (ICM), International Symposium on Asian Management of Technology Education (ISAME), Pertemuan Tahunan dari ASEAN University Network for Business and Economics (AUN-BE), dan SwissInnovation Challenge Indonesia (SIC-Indonesia)".

Secara substantif, tema konferensi ICMEM-IICIES adalah "Managing Business in Digital Disruption Era". Seperti tahun yang lalu, ICMEM-IICIES menyelenggarakan presentasi paper dan poster dari kalangan akademik, praktisi, dan mahasiswa. Secara keseluruhan, terdapat lebih dari 150 jumlah paper yang dipresentasikan. Para peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat.

Pemaparan utama dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Ian Williamson (Dekan Victoria Business School, University of Wellington). Sedangkan di hari kedua pemaparan materi oleh Prof. Yuko Hayashi (Yamaguchi University dan perwakilan dari ISAME) dan Prof. Arie Hans Verkuil (University of Applied Sciences and Arts Northwestern Switzerland dan perwakilan dari SIC-Indonesia) dan Tom R. Robinson (Presiden dan CEO dari AACSB) di hari ketiga.

Konferensi Bersama ini juga meliputi dua sesi panel. Sesi panel pertama, yang diadakan pada hari pertama, menampilkan Dr. Mohammad Ali Tareq (University Teknologi Malaysia dan perwakilan dari ISAME), Prof. Dieter Boegenhold (Alpen Adria University), Dr. Leo Aldianto (SBM ITB), dan Prof. Ian Williamson (Victoria Business School).

Sedangkan sesi panel kedua, menampilkan Dr. Agung Wicaksono (Direktur PT Transjakarta), Dr. Siriwut Buranapin (Chiang Mai University dari perwakilan dari ISAME), Prof. Arie Hans Verkuil (University of Applied Sciences and Arts Northwestern Switzerland dan perwakilan dari SIC-Indonesia), dan Dr. Reza Ashari Nasution (SBM ITB).

Kemudian, dalam program tiga hari ini, terdapat pertemuan tahunan dari ISAME dan AUN-BE. Dan satu-satunya acara yang diselenggarakan di Kota Bandung, Jawa Barat, adalah ICG, sebuah inisiatif kolaboratif dari FEB-Tel-U, FEB-UNS, FEB-UI, dan SBM ITB. Babak final dari SwissInnovation Challenge Indonesia (program kompetisi yang merupakan hasil kolaborasi dari SBM ITB dan University of Applied Sciences and Arts Northwestern Switzerland) akan berlangsung di hari terkahir, pada 9 Agustus. Program kompetisi ini diselenggarakan untuk ketiga tahun berturut-turut.

Secara keseluruhan, tahun ini menandakan keberlanjutan kolaborasi internasional untuk SBM ITB. Bali, yang dianggap sebagai tempat berkumpul orang-orang yang datang dari seluruh dunia, menjadi tempat yang tepat yang menjadi saksi kolaborasi semacam ini terjadi. (kis)

Komentar