Putri Koster Ikuti Lomba Marandang

Putri ikut lomba membuat rendang

Redaksi9.com - Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster berkesempatan untuk mengikuti lomba 'Marandang' atau membuat masakan rendang, sebagai rangkaian puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-47 Tahun 2019, pada Jumat (26/7) siang

Lomba Marandang yang dihadiri Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo ini dilaksanakan di Taman Melati, Museum Adityawarman, Padang, Sumatera Barat diikuti seluruh TP PKK se-Indonesia.

Turun langsung dalam Marandang, diakui Ny Putri Koster sebagai pengalaman berharga mengingat hal ini untuk pertama kalinya dilakukan. Istri Gubernur Bali ini terlihat menikmati Marandang didampingi anggota TP PKK Provinsi Bali. Menurutnya, lewat kegiatan ini, peserta dapat lebih mengenal cara pembuatan rendang.

"Kita masak langsung di sini, saya sangat suka prosesnya karena mengajak kebersamaan. Setelah kita masak sendiri, penuh perjuangan dan akhirnya kita sangat menikmati. Ini jadi pengalaman berharga bagi kita," ujar Ny Putri Koster.

Untuk diketahui, Marandang sendiri merupakan proses mengolah daging sapi atau kerbau dengan campuran santan dan bumbu sesuai takarannya selama berjam-jam hingga mencapai 'randang'. Tahapan yang dinamai randang sendiri melewati tingkat 'gulai' dan 'kalio'. 

Rendang sendiri merupakan salah satu kuliner Nusantara yang berasal dari Minangkabau. Saat ini masakan rendang sudah dikembangkan dengan ragam eksperimen, sehingga semakin dikenal di Indonesia hingga mancanegara. (ira). 

Komentar