Bupati Giri Prasta Hadiri Puncak Perayaan HUT STT Karya Graha Raharja ke-52.

Bupati Giri Prasta saat menghadiri perayaan HUT Sekaa Teruna Karya Graha Raharja ke-52 di Banjar Sangiang Desa Kekeran Kec. Mengwi, Jumat (28/6) lalu.

Redaksi9.com - Bupati Giri Prasta menekankan kepada Sekaa Teruna Sebagai Generasi Muda, Generasi Penerus Harus Bersatu, hal tersebut disampaikan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri perayaan HUT Sekaa Teruna (ST) Karya Graha Raharja (KGR) ke-52 serta pelantikan pengurus Sekaa Teruna masa Bakti 2019-2021 Banjar Sangiang Desa Kekeran Kec. Mengwi, Jumat (28/6) lalu.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Badung didampingi, Camat Mengwi I Gst Ngr Jaya Saputra beserta Tripika Kec. Mengwi, Perbekel Kekeran I Nyoman Suarda, Bendesa Adat Kekeran I Wayan Sukandia, Ketua LPM, LPD dan BPD Desa Adat Kekeran, Kelian Dinas br. Sangiang I Wayan Sudiaka, Kelian Adat I Wayan Sudana dan Para Kelian Dinas dan Adat yang ada di Desa Kekeran, Karang Taruna Indonesia Sapta Loka Abdi Dharma serta Tokoh dan Masyarakat setempat.

Puncak Perayaan HUT STT Karya Graha Raharja (KGR) ke-52 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Badung dan diserahkan kepada Ketua Sekaa Teruna KGR yang baru dilantik I Made Putra Rasita dilanjutkan dengan penyerahan dana motivasi untuk medukung kegiatan Sekaa Teruna oleh Bupati Badung sebesar Rp. 35 juta. Bantuan dari Pemerintah Desa setempat untuk pelestarian seni adat dan budaya Rp. 31,115,500 juta serta bantuan dana dari Bendesa Adat melalui LPD Desa Kekeran.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya memberikan apresiasi serta dukungan terhadap segala kegiatan Sekaa Teruna, ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat dan generasi muda dalam mengajegkan adat, seni dan budaya. Bupati juga menghimbau agar sekaa teruna sebagai generasi muda, generasi penerus agar bersatu. "Karena dengan bersatu maka setengah perjuangan sudah berhasil, sebaliknya kalau tidak bersatu maka setengah perjuangan telah gagal," paparnya.Bupati juga mengharapkan agar sekaa teruna tidak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif seperti narkoba pergaulan bebas, mabuk-mabukan dan menggangu ketertiban umum," imbaunya.

Dijelaskannya juga bahwa Pemerintah Kabupaten Badung memberikan perhatian lebih kepada generasi muda yang memiliki prestasi dididang akademis, ini dibuktikan dengan diberikannya beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri kepada 20 siswa-siswi Kab. Badung yang berprestasi, mereka tersebar diberbagai negara diantaranya amerika, inggris jepang belanda dan australia. "Dengan harapan setelah mereka kembali dapat menerapkan ilmu yang didapatnya untuk membangun Kabupaten Badung yang kita cintai ini," jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta menyampaikan kepada sekaa teruna agar dengan bijak menggunakan fasilitas yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung salah satunya fasilitas wifi gratis yang telah terpasang di seluruh balai banjar dari ujung selatan sampai utara Kab. Badung, dengan adanya fasilitas internet disetiap banjar sekaa teruna diharapkan mampu menerapkan konsep ATM (amati, tiru, modifikasi). "Balai banjar adalah merupakan simbol budaya, pergunakanlah simbol budaya ini dengan baik, kedepan jadikan balai banjar ini sebagai sentra perekonomian buat inovasi dengan perkembangan jaman saat ini, temukan tantangan dan peluang untuk menghadapi era revolusi industri 4.0," terangnya.

Diakhir sambutannya Bupati mengucapkan Dirgahayu Sekaa Teruna Karya Graha Raharja ke-52 semoga tetap kompak dan jaya selalu.

Semetara itu dalam laporannya Ketua Panitia HUT Sekaa Teruna Karya Graha Raharja, Ni Luh Gd Lina Kristiani melaporkan rangkaian kegiatan HUT telah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti ; pertandingan volly antar sekaa teruna, lomba balon berpasangan, lomba memasukan paku kedalam botol, lomba makan kerupuk dan lari kelereng yang diikuti anggota sekaa teruna dan anak-anak yang ikut serta berpartisifasi dalam kegiatan ini. Perayaan HUT Sekaa Teruna Karya Graha Raharja tahun ini mengangkat tema "Menyiapkan Generasi Setia Organisasi yang Berjiwa Cinta (cerdas ilmiah nasionalis tangguh dan agamais)". Dengan tema ini diharapkan menjadi generasi muda yang cerdas, berkualitas, tangguh,mampu bersaing serta memiliki wawasan terhadap lingkungan. Lebih lanjut disebutkan pula, tujuan pelaksanaan HUT ini untuk meningkatkan kebersamaan serta mengedepankan rasa gotong royong antar anggota sekaa teruna. "Atas nama Sekaa Teruna Karya Graha Raharja, kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah mendukung dan memfasilitasi segala bentuk kegiatan kami di Sekaa Teruna. Kami berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Badung melalui pelestarian adat seni dan budaya," katanya. (ira)

Komentar