Tips Sederhana untuk Bahagia

Jadilah diri sendiri


Redaksi9.com - Bila ingin kecantikan dalam diri terpancar dengan kuat, jalan keluarnya sederhana, yaitu buat diri merasa bahagia.Demikian diungkapkan Agus Wirajaya SE., S.Ag., CCH.

Lelaki yang mengantongi certified clinical hypnotherapist of Adi W. Gunawan  Institute of Mind Technology ini mengatakan, dalam prosesnya, orang yang stres akan memicu munculnya hormon adrenalin dalam dirinya, kemunculan hormon ini mendorong orang untuk menemukan pemecahan, apabila masalah tak terselesaikan tubuh menghasilkan lebih banyak adrenalin dan kortisol yang membuat jantung lebih cepat berdetak, tekanan darah meningkat, kadar gula darah meningkat, sehingga dapat merespon ‘ancaman’, apabila masalah terselesaikan maka akan muncul kepuasan yang akan menimbulkan hormon-hormon kebahagiaan dalam tubuh, seperti misalnya endorfin, dopamin, oksitosin, dan kondisi tubuh kembali menjadi normal. “Kita bisa bayangkan bila kita selalu dalam masalah, tentu saja akan membuat tubuh menjadi cepat lelah dan tidak sehat,” ujarnya.

 David Hawkins dalam disertasinya yang berjudul Qualitative and Quantitative Analysis and Calibrations of the Level of Human Consciousness, yang kemudian dipublikasikan dalam buku berjudul Power Vs Force (1995) menyatakan bahwa emosi memiliki energi dan bisa diukur, kemudian emosi ini dipetakan ke dalam sebuah peta kesadaran. Dalam buku tersebut, kebahagiaan berada di urutan ketiga setelah pencerahan dan kedamaian. “Orang yang senantiasa mengelola emosinya dalam keadaan gembira memiliki energi yang kuat dan terpancar dan vibrasi ini yang mempengaruhi kualitas aktivitas yang dilakukan dan pada akhirnya mempengaruhi orang-orang di sekelilingnya,” kata Agus.

Menurutnya,  mereka yang bisa merasa bahagia senantiasa akan memancarkan inner beauty yang akhirnya menarik banyak peluang, kesempatan, dan keberuntungan datang ke dalam hidupnya. Orang dengan inner beauty yang kuat biasanya menjadi magnet yang begitu kuat menarik orang lain mendekat karena perasaan nyaman saat berdekatan dengannya.

Menurut Sherrie Campbell, PhD., mereka yang inner beauty-nya kuat memiliki beberapa aspek yang tampak nyata, yaitu: elegan, selalu tampak menyenangkan dan anggun, tak dipengaruhi penampilan atau pakaian yang dipakai. Keramahan yang tampak apa adanya yang muncul dari dalam karena menghargai keberadaan semua orang yang ada di sekelilingnya. Terkendali dengan baik, bisa menikmati dan menempatkan diri dalam kondisi dengan tepat, tidak berlebihan, meskipun untuk hal yang menyenangkan. Percaya diri, mereka yang menerima dan menghargai diri seutuhnya akan memahami potensi dan kelemahannya sehingga bisa membawa diri dengan baik. Bertimbang dengan matang, untuk sebuah keputusan maka dia akan mempertimbangkan dari banyak aspek dan sudut pandang sehingga bisa membuat keputusan yang baik, menguntungkan, tapi tidak menyakiti orang lain. Seorang yang jujur, memiliki lebih sedikit hal yang disembunyikan sehingga lebih tenang dalam bersikap, kejujuran dalam menyampaikan sesuatu apa adanya tanpa keinginan untuk menyakiti orang lain tentu akan menjadi orang yang mudah disukai. Memiliki keberanian mengejar impian dengan penuh gairah, menghadapi tantangan, menyelesaikan persoalan, menyampaikan apa yang harus disampaikan dan diam saat dibutuhkan. Memiliki kecerdasan dan kebijaksanaan yang terus berkembang lewat pengetahuan yang terus ditingkatkan, pemahaman dari yang dipelajari, dan hikmah dari peristiwa yang dialami.
Rendah hati, menyadari setiap insan itu unik dan berharga.
Penuh kasih, orang dengan inner beauty yang kuat, akan berlaku penuh kasih kepada orang lain, meskipun orang itu pernah melakukan kesalahan kepadanya. Orang yang penuh kasih biasanya akan membantu orang dengan tulus, demi kasih itu sendiri. Ini yang membuat seseorang begitu mudah untuk dicintai dan hormati dengan tulus kehadirannya.

“Untuk bisa merasa bahagia, kita harus melepas semua beban emosi masa lalu, seperti kesalahan yang pernah kita lakukan, kebodohan atau kekeliruan yang mungkin membuat malu dan menyakitkan sehingga langkah kita menjadi lebih ringan," sarannya.

Yang lain, kita harus menghilangkan kecemasan pada masa depan, pada hal-hal yang belum tentu akan terjadi, karena sering kali skenario buruk kita akan masa depan yang menghambat langkah kita untuk maju.

Tips sederhana yang dapat dilakukan untuk merasa bahagia:

* Saat bangun tidur bersyukurlah atas apa pun yang sudah terjadi, bahkan untuk hal yang sederhana seperti, syukur masih mendengar dengkur suami saya semalam, tandanya dia masih hidup.

* Sering mengucapkan terima kasih pada setiap kebaikan yang kita terima, misalnya saat anak memeluk kita, saat kawan membantu mengambil pulpen anda yang terjatuh.

* Jadi diri anda apa adanya, jangan ingin menjadi orang lain karena itu sangat melelahkan, kita tidak bisa menjadi orang lain karena kita tidak sama seratus persen dengan orang tersebut, meskipun itu saudara sekandung, tapi kita bisa menjadi diri kita yang terbaik.

* Menjadi murah hati dan ringan tangan membantu orang lain, dengan memberi atau membantu orang lain, kita akan merasa bahwa diri kita berharga dan memiliki kelebihan, sebab orang yang merasa memilki yang bisa memberi orang lain.

* Ambil waktu untuk rileks dan melakukan evaluasi diri. Untuk itu perlu duduk diam, entah itu relaksasi, meditasi, kontemplasi, untuk membantu melepaskan ketegangan dan menemukan penyelesaian masalah.

* Berdoa merupakan salah satu cara yang sangat kuat dalam membuat kita bahagia karena dengan berdoa, pikiran terkonsentrasi dengan baik, emosi terkelola, berdoa yang khusyuk akan membantu melepas beban dalam diri kita dan akhirnya kita jadi tenang dan bahagia. (ira)

 

Komentar