Sehat Alami dengan Pijat Jari

memijat jari memberikan kesembuhan alami

Redaksi9.com - Seorang penekun pengobatan komplementer, Made Sinar Sari mengatakan, memberikan tekanan pada titik refleksi di tangan Anda akan merangsang impuls saraf yang mengalir ke bagian tubuh yang berhubungan.
Impuls ini menghasilkan respon melemaskan otot.  "Saat otot melemas, pembuluh darah terbuka sehingga meningkatkan sirkulasi darah, yang akan meningkatkan jumlah oksigen dan nutrisi yang masuk ke dalam sel-sel di bagian tubuh tersebut," jelasnya.

Walaupun bukti ilmiah pijat refleksi sangat terbatas, sebagian orang merasakan manfaatnya.

Sebelum mencoba mempraktikkan pijat refleksi, Anda perlu mempelajari sejumlah teknik umum serta lokasi-lokasi yang terhubung dengan berbagai bagian tubuh. Percaya nggak percaya, tubuh manusia itu penuh dengan keajaiban.

Nah, salah satu bagian tubuh yang memiliki titik-titik ajaib adalah tangan beserta jari-jarinya. Hanya dengan gerakan sederhana di bagian tersebut, kita bisa melenyapkan berbagai masalah kesehatan

Ia menambahkan, setiap jari terhubung dengan organ dan emosi yang berbeda-beda.

"Apabila Anda merasa tidak enak badan, ada pengobatan alternatif alami yang disebut Jin Shin Jyutsu, yaitu seni melepas ketegangan yang menyebabkan berbagai gejala pada tubuh Anda," ujar bidan di Puskesmas Denut I ini.

Walau tidak dapat menggantikan pengobatan oleh dokter, latihan-latihan ini adalah alternatif yang mudah dan tanpa rasa sakit dibanding obat penawar rasa sakit yang biasa dijual bebas.

 Ia mengatakan, emosi sangat terkait dengan kondisi kesehatan dan kesejahteraan pikiran dan tubuh. "Teknik sederhana Jin Shin Jyutsu dapat dilakukan di mana saja. Anda dapat melakukannya pada satu area yang spesifik, atau untuk seluruh tubuh dengan melakukan teknik tersebut pada seluruh jari di kedua tangan," katanya.

Berikut adalah beberapa latihan jari sederhana yang dapat meringankan gejala.

1. Ibu jari
Jika merasa sedang gugup, cemas berlebih, atau sakit kepala, genggamlah ibu jari dan remas secara perlahan-lahan selama 5 menit. Para ahli refleksi mengungkapkan gerakan tersebut dapat mengurangi masalah-masalah tersebut.

2. Jari telunjuk
Bagian telunjuk dipercaya mengendalikan nyeri otot, perasaan kecewa, takut, dan malu. Menurut sebuah studi di University of Minnesota, pasien dengan nyeri punggung dan otot merasa lebih baik setelah mereka meremas-remas secara lembut bagian jari telunjuk selama 5 menit.

3. Jari tengah
Memijat jari tengah dipercaya dapat mengurangi perasaan kesal, marah, atau lelah. Studi juga menunjukkan bahwa pijatan di bagian jari tengah dapat menurunkan tekanan darah dan menenangkan.

4. Pijatan di bagian jari manis.
Emosi negatif dan kesedihan dipercaya akan hilang jika memijat dengan lembut jari manis selama 5 menit. Jangan lupa untuk tetap tenang dan perhatikan pernapasan

5. Pijatan di bagian jari kelingking.
Jari kelingking bertanggung jawab atas tingkat stres dan kecemasan. Anda bisa mencoba memijat secara perlahan jari kelingking selama 5 menit sambil memikirkan hal-hal positif.

6. Pijatan di telapak tangan.
Penelitian menunjukkan, memijat secara teratur telapak tangan dapat membantu mencegah mual, stres, diare, dan sembelit. Para ahli refleksi juga mengatakan bahwa telapak tangan adalah pusat perasaan dan emosi.
Anda bisa melakukan gerakan menekan telapak dengan jari, kemudian buat gerakan melingkar sambil menarik dan buang napas sebanyak tiga kali.

7. Posisi menekan dua telapak tangan.
Posisi ini sering digunakan dalam meditasi. Posisi ini dipercaya membantu kamu berkonsentrasi dan menenangkan pikiran. Dengan menekan telapak tangan secara bersama-sama, juga bisa memperbaiki sirkulasi darah. (ira)

 

Komentar