Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula

Eka Shanti Indra Dewi saat memberi konsultasi kepada klien.

Pertanyaan:

Saya Rini, usia 25 tahun. Saya tertarik untuk mencoba bisnis, tapi tidak tahu caranya? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Jawaban:

Belakangan ini makin marak di kalangan anak muda kita atau generasi milenial, trend untuk bekerja dengan beragam pilihan profesi baru. Dan mereka makin banyak memilih untuk jadi entepreuner atau berwirausaha. Pilihan pekerjaan untuk mereka makin terbuka, bukan hanya sekedar melamar jadi karyawan namun sudah melirik pilihan pekerjaan yang tidak umum seperti jadi Youtuber, atau Selebgram arau membangun usaha start up digital. Ide-ide generasi milenial pun semakin berkembang dan kreatif.

Di sekolah-sekolah atau Perguruan Tinggipun kini mulai marak diajarkan tentang pendidikan kewirausahaan. Mulai dari yang sederhana, misalnya untuk anak SMP, diajarkan membuat kue lalu dikompetisikan untuk penjualannya pada sesame siswa atau teman mereka, Lalu untuk anak SMA makin dikembangkan dengan pembelajaran kompetisi kewirausahaan dengan berjualan membuka booth bazaar saat Ulang tahun Sekolah misalnya.

 Lain lagi untuk tingkat mahasiswa, di banyak Perguruan Tinggi, mereka sudah diarahkan untuk menjadi entepreuner sejak awal. BAhkan disemua jurusan Perguruan Tinggi, tidak terbatas hanya di jurusan Ekonomi Bisnis. Nyaris semua Perguran Tinggi juga mengembangkan Inkubator Bisnis bagi pemula untuk mahasiswanya. Bahkan ada beberapa Perguruan Tinggi juga yang khusus mencetak lulusannya menjadi pebisnis atau entepreuner.

 Lalu jika kita tidak menempuh pendidikan formal tentang bisnis atau ekonomi lalu sekarang sudah lulus kuliah, bagaiman caranya memulai bisnis, apakah sudah terlambat memulai? Jangan khawatir, kita bisa menjadi entepreuner atau pebisnis tidak dibatasi usi juga pendidikan.Kita bisa belajar otodidak yang nantinya akan bisa dikembangkan pengetahuan mengenai bisnis dengan mengikuti pelatihan, kursus sisngkat atau workshop.

 Lalu bagaimana cara untuk memulai bisnis bagi pemula agar aman? Untuk sukses memulai bisnis, semua orang bisa melakukannya asal mau belajar dan bekerja keras juga cerdas. Hal-hal penting apa sajakah yang perlu dilakukan oleh seseorang untuk memulai bisnis. Berikut tips sederhana bagi pebisnis pemula.

1.    Fokus pada 1 Peluang Bisnis.
Semua peluang bisnis itu baik dan menjanjikan. Semua hal bisa jadi peluang bisnis.Dengan banyaknya pilihan mungkin anda akan bingung memilih, dan tergoda untuk mengembangkan banyak peluang bisnis. Sebaiknya pilih 1 saja. Dengan memilih 1 peluang bisnis akan memudahkan anda focus dan mengerahkan segala kemampuan juga kreatifitas dan ide-ide pada 1 hal. Mengurus 1 bisnis saja udah susah apalagi byk bisnis.

2.    Lakukan hal yang anda sukai.
Dalam melakukan apapun juga jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita akan lakukan dengan sepenuh hati. Jangan memulai bisnis karena untung yang besar namun pada hobi yang anda sukai. Hobi yang dibayar adalah hal yang menyenangkan. Anda akan menikmati kerja tanpa merasa mudah lelah.

3.    Kuasai segalanya tentang bisnis kamu
Di awal memulai bisnis jarang ada investor yang berani menanamkan dananya pada bisnis anda. Jadi anda harus kuasai betu; tentang bisnis anda. Anda harus siap kapanpun menjelaskan tentang bisnis anda sedetail-detailnya. Anda harus mau belajar seluk beluk teori mengenai bisnis anda lalu mencoba praktekkan dan kembangkan pada bisnis anda.

4.    Selalu mau belajar dari orang lain
Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang menguasai segala bidang, Dan karena anda adalah pemula, bukalah pikiran untuk bisa belajar dari siapa dan manapun. Perbanyak membaca buku tentang teori bisnis, juga jangan lewatkan peluang ikuti pelatihan dan workshop tentang bisnis yang berkaitan dengan bisnis anda atau management usaha. Pemerintah dan asosiasi juga komunitas bisnis banyak melakukan pelatihan dan seminar gratis yang dapat anda manfaatkan. Anda juga dapat menjadikan seorang kenalan yang sudah sukses berbisnis sebagai mentor, tempat berdiskusi dan berkonsultasi. Tentu dengan seijin yang bersangkutan.

5.    Hiduplah dengan sederhana
Seorang entepreuner sejati selalu berupaya menghasilkan uang dari uang yang sudah dihasilkan. Seorang pengusaha focus pada pengembangan bisnis dan usahanya dan umumnya jarang yang konsumtif. Apalagi diawal usaha, jangan habiskan semua laba usaha untuk gaya hidup, sisihkan sejak awal minimal 10% dan jika bisa lebih akan lebih baik, untuk disimpan, dipakai pengembangan usaha dan juga investasi

6.    Belajar dari kegagalan
Jika diawal membangun usaha, biasanya tidak selalu akan langsung berjalan lancer, akan banyak masalah, kendala juga tantangan, namun jangan mudah putus asa saat menghadapi kendala yang sepertinya sulit teratasi, berhentilah sejenak, belajar dan mencoba diskusi untuk mencari solusi, juga memperbaiki cara kerja dan managemen usaha. Tidak ada usaha yang mudah namun hasil tidak akan pernah mengkhianati kerja keras.

7.    Selalu mengembangkan bisnis lebih baik
Saat ini tingkat persaingan bisnis memang sangat ketat, tapi semua usaha kreatif akan tetap menjanjikan. Jika awalnya memulai bisnis dengan ide sederhana dan kecil. Seiring waktu anda dapat mengembangkan bisnis lebih luas, namun jangan terburu nafsu untuk menerima segala macam order, lebih baik menunda pengembangan bisnis hingga saat siap daripada menerima segala jenis order yang belum tentu mampu anda kerjakan. Kepercayaan klien adalah hal utama dalam bisnis, jadi lebih baik menjaga kepercayaan klien daripada menerima segala job yang belum mampu dikerjakan.Promos terbaik adalah dari mulut ke mulut rekomendasi klien yang puas atas kerja anda.

8.    Kreatif dengan ide-ide baru
Jangan takut untuk mencoba ide-ide baru yang anda pikirkan. Meski bisnis masih baru, anda dapat membuat perbedaan dengan bisnis orang lain yang sejenis dengan cara melakukan kresi baru sehingga bisnis anda memiliki cirri khas yang berbeda dari bisnis lain sejenis. Ide kreatif gak harus yang super beda atau aneh, bisa saja ide sederhana namun member solusi bagi banyak orang.

9.    ATM bisnis lain amati tiru modifikasi
Cara termudah memulai bisnis sesungguhnya adalah dengan cara amati, modifikasi, lalu tiru bisnis lain sejenis yang sudah sukses. Kecuali anda membuat atau ciptakan produk atau jasa yang benar-benar baru, cara ini dapat dilakukan. Bisnis baru yang merupakan pengembangan dan perbaikan dari bisnis sejenis yang sudah ada akan memiliki market tersendiri yang juga akan berkembang baik. Jangan ragu meniru asal jangan menciplak karya cipta orang lain.
.
10.    Jangan lupa berbagi
Kata pepatah, semakin banyak anda berbagi dan bermanfaat untuk sesame, rejeki akan dimudahkan oleh Tuhan. Semua pengusaha besar dan perusahaan besar juga berbagi dengan cara menyisihkan laba untuk dana CSR, jadi meskipun bisnis anda masih pemula anda dapat melakukan hal sama. Menyisihkan sebagian laba untuk berbagi pada sesama. 

Demikian beberapa tips memulai bisnis sederhana yang dapat saya bagikan, atas dasar pengalaman memulai usaha mandiri sejk lebih dari 12 tahun silam. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan dapat dipraktekkan.

Masih banyak tips bisnis lainnya yang akan saya bagikan di tulisan-tulisan yang lain. Selamat memulai bisnis, tetap semangat, membangun entepreurship untuk negeri.

Salam
Eka Shanti Indra Dewi, ST
Pengusaha jasa konstruksi baja, dan produsen kerajinan dan furniture metal

 

 

Komentar