Festival Harmoni Deklarasi Kerukunan Umat Beragama

Festival Harmoni Deklarasi Kerukunan Umat Beragama

Redaksi9.com - Menjaga kerukunan dan keharmonisan umat bergama  salah satu yang digaungkan Bupati Tabanan Eka Wiryastuti.
Festival Harmoni, akan digelar 26-27 April di Taman Kota Garuda Wisnu Serasi.

“Pancasila dan NKRI harus tetap utuh, jadikanlah  perbedaan  sebagai kekuatan, karena kita semua  bersaudara. Rukun dan damai adalah suatu  keindahan. Bersatu  adalah wujud kemenangan,” kata Eka Wiryastuti.

Ia mengatakan, Festival Harmonis juga sekaligus mengingatkan kita kembali  bahwa kerukunan dan keharmonisan umat itu sangat penting dalam menjalankan idelologi  Pancasila.


Bupati Eka  menyebutkan, walaupun acara festival dikemas sederhana,  namun, beberapa tokoh penting akan hadir, terutama Ketua Badan Pembina Ideologi  Pancasila (BPIP) Megawati Soekarno Putri, dan beberapa anggotanya, termasuk  Maruf Amin,  yang terpilih menjadi Wakil Presiden RI dalam Pilpres Pemilu 2019.


Saat bertemu dengan bapak Maruf Amin, ada satu pesan yang dititipkan kepadanya. “Ideologi Pancasila harus selalu kita ingat. Kita boleh  modern, go internasional, namun,  akar budaya dan nilai Pancasila tidak  boleh luntur.”


Dalam festival ini akan digelar pameran UMKM Tabanan, mulai dari kuliner, produk pertanian, Bumdes, sarana persembahyangan semua agama, dan hiburan dari artis-artis pop Bali. Selain itu, akan dipertunjukkan persembahan fragmen tarian budaya dari lintas agama. Acara ditutup dengan deklarasi kerukunan umat atau deklarasi membumikan Pancasila. (ira)

 

 

Komentar