Wali Kota Denpasar Sembahyang di Pura Taman Sari

Wali KOta Denpasar bersembahyang di Pura Taman Sari Denpasar

Redaksi9.com - Puja Wali Pura Taman Sari, Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara jatuh setiap Purnama Jhiesta. Tahun ini pelaksanaan Puja Wali Pura Taman Sari pada Jumat (19/4)  dihadiri Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. Kehadiran Rai Mantra didampingi Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodra, Kabag Humas dan Protokol, Dewa Gede Rai, dan Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Made Raka Purwantara disambut Prebekel Desa Dangin Puri Kangin, I Gusti Ngurah Putrawan dan tokoh masyarakat desa setempat.

Wali Kota Rai Mantra melaksanakan persembahyangan bersama  di sambut masyarakat desa setempat yang sedang melakukan persembahyangan. Dalam pelaksanaan Puja Wali Pura Taman Sari sudah dipersiapkan sebelumnya oleh pengempon Desa Dangin Puri Kangin. Disamping melaksanakan persiapan Puja Wali yang juga akan diisi dengan pagelaran calon arang pada malam harinya. Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra  mengatakan bahwa pelaksanaan Puja Wali Pura Taman Sari ini merupakan wujud bhakti umat yang dalam hal ini adalah warga Desa Dangin Puri Kangin. Sehingga pelaksanaan yadnya ini dapat menjadi momentum atau sebagai ajang mulatsarira serta meningkatkan sradha dan bhakti umat dalam menjalankan swadarma.

“Rasa menyamabraya umat Hindu harus kita pupuk, sehingga yadnya sebagai wujud syukur dapat terus kita laksanakan guna meningkatkan sradha dan bhakti umat sesuai dengan swadarma menuju keseimbangan alam semesta, serta menjalankan Dharma yang dapat memberikan hal positif membersihkan dan menetralisir hal- hal negatif yang tidak diinginkan demi terciptanya keseimbangan jagat beserta isinya” jelasnya.

Sementara Perbekel Dangin Puri Kangin, I Gusti Ngurah Putrawan mengatakan bahwa persiapan pelaksanaan Puja Wali Pura Taman Sari sejak Sabtu 23 Maret lalu, yang dilanjutkan dengan pelaksanaan pembersihan areal pura. Dijelaskan bahwa Pura Taman Sari adalah Pura Swagina yang keberadaannya sudah ada sejak 50 tahun lalu. Sebelumnya pura ini sebagai Pura Ulun Suwi yang dikelilingi daerah persawahan. “50 tahun lalu kawasan Kreneng ini merupakan kawasan persawahan, sehingga Pura Taman Sari berada diareal persawahan, namun dengan perkembangan pemukiman saat ini dengan keberadaan pura berada di kawasan perkantoran, pasar, dan pendidikan,” ujarnya.

Pura Taman Sari dengan pengempon Desa Dangin Puri Kangin yang terdiri dari tujuh banjar dan satu lingkungan Asrama Polda Bali dengan jumlah warga 10 ribu jiwa. Meliputi Banjar Kreneng, Banjar Kreneng Kaja, Banjar Merta Nadi, Banjar Kerta Bhuwana, Banjar Kertha Bhuwana Kaja, Banjar Merta Rauh dan Banjar Merta Rauh Kaja. Pelaksanaan penganyaran Pura Taman Sari dilaksanakan dua hari dari sabtu dan minggu 20-21 April dengan upacara penyineban dilaksanakan pada Senin, 22 April 2019. “Kami mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Dangin Puri Kangin, Pemerintah Kota Denpasar, Walikota Denpasar beserta jajaran yang telah hadir melaksanakan persembahyangan bersama dan turut serta dalam pelaksanaan puja wali Pura Taman Sari,” ujarnya. Sebelumnya secara berturut turut Walikota Rai Mantra menghadiri upacara memungkah dan ngenteg linggih di Pura Semila Sari Br. Semilajati Pemecutan Kaja dan di Pura Dalem Desa Adat Kepaon Pemogan Denpasar Selatan. (kis)

Komentar