Kuliah Umum Gubernur Bali di Unud

Gubernur Wayan Koster memberikan kuliah umum di Unud

Redaksi 9.com -Sebagai orang yang memahami pentingnya peran akademisi dalam pembangunan daerah, Gubernur Bali Wayan Koster akan menggandeng perguruan tinggi seperti Universitas Udayana dalam mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. UNUD memiliki SDM berupa dosen dan mahasiswa yang punya kemampuan untuk melakukan riset dan menjalankan program di masyarakat.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara pada kuliah umum sosialisasi visi Gubernur Bali di Kampus UNUD Jimbaran, Kamis (11/4) sore.

Di hadapan civitas akademika Universitas Udayana, Gubernur Koster memaparkan apa yang menjadi visinya lima tahun ke depan serta apa yang sudah, sedang dan akan dilakukannya sebagai Gubernur Bali. Salah satunya Gubernur Koster memberi apresiasi dosen dan mahasiswa UNUD yang menggunakan busana adat Bali di hari Kamis sesuai dengan Pergub No. 79 tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali.

“Saya berterima kasih kepada Unud yang sudah menerapkan penggunaan busana adat Bali,” ujarnya. Kebijakan ini menurutnya sudah berkontribusi terhadap perkembangan UMKM produsen busana adat di Bali.

Seusai pemaparan, kepada wartawan Gubernur Koster mengatakan perlunya menggandeng Universitas Udayana dalam mewujudkan visi pembangunan Bali. “Unud banyak ahlinya, jadi kami ajak kerjasama untuk merancang penjabaran konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali ini untuk merumuskan sejumlah program yang akan dijalankan selama lima tahun ke depan,” kata Ketua PDI Perjuangan Bali ini.

Secara spesifik Koster menambahkan, salah satu keunggulan Universitas Udayana adalah riset di bidang pangan yang sudah terbukti menghasilkan karya yang luar biasa dan mendapat pengakuan. “Kami ingin (hasil riset) ini diberdayakan betul di Bali untuk meningkatkan produktivitas pangan kita di Bali yang memang sangat kuat dengan kearifan lokalnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Udayana Prof. Dr.dr. A.A. Raka Sudewi, Sp. S (K) menilai positif kuliah umum penyampaian visi misi Gubernur Bali Wayan Koster di hadapan civitas akademika Universitas Udayana. Ia berharap dengan pemaparan ini, segenap dosen dan mahasiswa bisa mengkaji apa itu visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

“Saya berharap kita bisa mengkaji visi misi Bapak Gubernur untuk kita resapi agar bisa diimplementasikan baik di dunia akademis maupun di semua lini yang ada di Bali,” ujarnya. (ira)

Komentar