Tips Cegah Depresi

bersepeda juga dapat mencegah depresi


Pertanyaan:
Dok, saya mau tanya. Mengapa menjelang menstruasi suka uring-uringan dan emosi tidak stabil? Mohon penjelasan.Rika, 26 tahun, Tabanan


Jawaban:
Biasanya menjelang menstruasi para perempuan gampang uring-uringan. Mereka gampang marah, gampang tersinggung, bahkan ada yang sampai banting-banting barang.  Itu tanda-tanda mental emosional.  Tanda-tanda  mental emosional tersebut bukanlah gangguan  psikiatrik murni.  Hal ini disebabkan karena kadar  hormon yang berubah menjelang mestruasi. Ketika tidak terjadi kehamilan,  hormon bisa terpacu naik dan turun. Hal ini bisa saja mencetuskan gangguan emosional.
Pada beberapa perempuan, walaupun jumlahnya  tidak banyak, hal ini justru bisa menimbulkan depresi. Pada perempuan yang mempunyai bakat genetik malah bisa menimbulkan depresi. Untuk itu, lebih baik ditangani daripada didiamkan.

Tanda-tanda depresi  mulai terlihat, seperti,   sulit bergembira, gampang nangis,  ngekoh, tidak mau  melakukan hal yang biasa atau menunda, bahkan,  dia terkena gangguan tidur atau sulit tidur. Ada juga yang punya pikiran putus asa. Hal ini, tentu sangat gawat dan harus harus ditolong.


Pada perempuan yang mengalami menopause sering terjadi seperti hal  itu. Saya deteksi juga banyak  perempuan seperti agak ketakutan  kalau mereka mau memasuki masa menopause. Ketakutan  itu tidak baik tapi waspada itu baik.

Jika  mereka melihat akan memasuki menopuse bermasalah, yang  bisa menolong mereka adalah bukan psikiatri/ahli jiwa  tapi  genekologi atau dokter kandungan dengan memberikan  terapi penganti hormon.   Maklum hormonnya turun dengan begitu saja  terprevensi berbagai  gangguan antara lain  gangguan mental emosional.  Yang paling ideal, memang kerja sama psikiatri dan  dokter kandungan,  agar bisa menolong pasien dengan optimal.

Untuk mencegah depresi, salah satu hal baik yang bisa dilakukan adalah, olahraga atau lebih baik disebut olah  gerak, seperti jalan cepat.  Saat berolahraga, kita terkena matahari. Jika kulit terkena sinar matahari pagi yang sehat, di otak akan mengeluarkan satu zat yang melancarkan neoro tranmisi.   Itu adalah pencegah depresi sekaligus  mencegah kecemasan. Umumnya, orang  yang suka berolahraga emosinya lebih stabil dibandingkan yang tidak. Pilihan lain juga bisa bersepeda.  Bersepeda  sangat menyenangkan, bisa refresing, bisa ketemu teman, kena sinar matahari, dan  otot-otot tetap dilatih. (Dokter Ahli Jiwa  dr. Robert Revenger Sp.KJ (K)).

 

Komentar