Sehat dan Bugar Saat Traveling

sehat dan bugar saat traveling

Pertanyaan:
Saya Rina usia 28 tahun. Saya suka sekali traveling. Tapi menjelang traveling saya sering  kurang merasa enak badan saking kepikiran terus sebelumnya. Bagaiaman sih tips sehat dan bugar saat traveling?
Rina, Jalan Bisma, Denpasar

Jawaban:
Ada beberapa hal penting  yang harus dibawa saat bepergian atau traveling.  Terutama, obat-obatan emergency. Kesehatan wisata dimulai sejak berangkat dari rumah, selama perjalanan, sampai di tempat tujuan, dan kembali pulang dengan sehat, aman dan nyaman. Dalam siklus perjalanan itu, kesehatan wisata termasuk upaya pencegahan dan  tindakan pengobatan jika diperlukan.
Upaya pencegahan dimulai sebelum melakukan perjalanan. Carilah informasi mengenai daerah tujuan seperti: waktu tempuh, cuaca, bisa dijangkau dengan kendaraan, kemudahan mencari penginapan, makanan. Kita juga perlu mengetahui  informasi apakah ada wabah penyakit tertentu agar kita bisa mempersiapkan dengan vaksin sebelum berangkat dan akses ke fasilitas pelayanan kesehatan (dokter atau rumah sakit).  


Cari informasi juga mengenai kegiatan kita selama di tempat tujuan seperti: pertemuan resmi di ruang ber AC, kegiatan di luar gedung, kegiatan olah raga, sembahyang dan lain-lainnya untuk mempersiapkan pakaian dan pelindung seperti jaket,topi payung, tabir surya.
Ia menegaskan, kesehatan adalah salah satu faktor yang penting agar bisa menikmati perjalanan. sehingga“kesehatan wisata” telah menjadi amat penting sebagai salah satu faktor penunjang dalam perjalanan. Ada satu slogan yang perlu dicermati.  “Health is not everything, but without health everything is nothing”. Kesehatan tidak hanya berarti sehat secara fisik tetapi juga sehat secara mental, sosial dan spiritual. Dengan demikian upaya perlindungan keseharan harus dipersiapkan dengan membawa obat-obatan  sesuai  saran dokter keluarga dengan mempertimbangkan kemungkinan- kemungkinan  terjadi dalam perjalanan.
o    Obat mabuk untuk mengatasi mual dan muntah
o    Obat pusing dan panas   seperti golongan parasetamol aman untuk lambung.
o    Oralit untuk mengobati diare dan  mencegah dehidrasi
o    Antasida  untuk  nyeri lambung    
o    Obat alergi
o    Salep kulit atau plester obat untuk luka lecet.
o    Obat flu untuk batuk dan pilek
o    Multivitamin untuk kelelahan dan capek


Untuk  beberapa orang dengan penyakit kronis wajib mengunjungi dokter keluarga sebelum bepergian untuk melakukan check up tentang keadaan kesehatannya.  

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana upaya kita meminimalis kecelakaan  yang mungkin terjadi seperti menggunakan pakaian  seperti baju dan  sepatu  yang tidak menyebabkan terjadi kecelakaan, jatuh, lecet, kepanasan, kedinginan, masuk angin. Selain itu, memilih makanan yang hygines, minuman  yang dalam kemasan, selalu mencuci tangan dengan sabun dan terlebih dahulu mencuci atau mengupas buah sebelum dimakan, dan cukup tidur dan jangan lupa sembahyang.  (Pakar Kedokteran Keluarga,  dr. Ayu Witriasih, M.Kes).

 

Komentar