Tribute Blueberry Guitar Wayan Tuges di Wanaku Restaurant

Wayan Tuges memperlihatkan hasil karyanya Blueberry Guitar kepada Kadisparda Badung

Redaksi9.com - BlueBerry Guitar adalah salah satu maha karya anak bangsa dari tangan pengrajin gitar di Bali, I Wayan Tuges. Gitar karya Wayan
Tuges ini telah mendunia dan banyak digunakan para musisi Indonesia dan mancanegara. Sederet musisi manca negara menggunakan karya gitar ukir Wayan Tuges ini, diantaranya Paul Deslaurier, Golden Earing Band, dan George Kooymanns.

Sedangkan untuk musisi Indonesia yang menggunakan gitar ini diantaranya Iwan Fals dan Dewa Bujana. Bahkan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono juga sempat memesan khusus seniman asli Desa Guwang, Kabupaten Gianyar, Bali.

Setiap gitar Wayan Tuges memang dipenuhi dengan ukiran yang berbeda antara satu dengan lainnya. Dalam ukiran gitarnya, Wayan Tuges memasukkan pesona alam Indonesia, khususnya simbol-simbol khas bali seperti burung Jalak Bali. BlueBerry Guitar ini juga menjadi ikon kebudayaan Indonesia yang tak lekang dihempas kemajuan teknologi.

Wayan Tuges juga berkolaborasi dengan Doddy Hernanto atau Mr D untuk menambahkan sentuhan teknologi.

Dalam perkembangannya, gitar Wayan Tuges ini menginspirasi berbagai kalangan untuk memajukan kebudayaan asli Indoenesia. Gitar ukir yang diciptakan I Wayan Tuges 90 persen menggunakan bahan baku yang berasal dari dalam negeri. Ia tidaklagi bergantung pada bahan baku ekspor seperti mahoni, mangga dan rosewood.

Selain membuat gitar ukir, Wayan Tuges juga sempat mendapat pesanan dari band ternama dunia, yakni, Walk off the Earth. Pesanan tersebut cukup unik karena memadukan lima alat musik yang dipadukan jadi satu, yakni gitar, harpa, ukulele,kalimba, dan washboard dalam satu alat musik yang dinamakan guiharpulele.

Karya Tuges ini yang sukses memadukan lima jenis alat musik menjadi satu merupakan karya monumental satu-satunya di dunia.

Berangkat dari background itu, wanaku restaurant ingin memberikan ruang kepada seniman I Wayan Tuges dengan eventbertajuk Tribute to blueberry guitar Wayan Tuges, dengan memamerkan hasil karyanyadi wanaku restaurant.

Dalam acara tersebut Wanaku IndoAsian Cuisine bekerja sama dengan Times Indonesia dengan menghadirkan artis-artis yang sudah memakai product dari Wayan Tuges, diantaranya Mr. D, ito kurdhi & Friends, Jun Bintang, danCooltone blues band. Untuk exhibition sendiri akan berlangsung dari tanggal 9 – 15 Maret 2019. (Ira)

 

 

Komentar