Gunung Agung Meletus Lagi dengan Kolom Abu Hingga 700 Meter

Ilustrasi - Gunung Agung di Bali

Redaksi9.com - Gunung Agung tertinggi di Bali, kembali mengalami meletus hingga dua kali dengan ketinggian kolom abu teramati berkisar 300-700 meter di atas kawah gunung setinggi 3.842 meter di atas permukaan laut pada Jumat pukul 16.31 Wita dan pukul 17.01 Wita.

Kepala Pos Pantau Gunungapi Agung, Dewa Made Merthe Yasa di Rendang menyebutkan meletus (erupsi) Gunung Agung terekam dua kali di seismogram dengan amplitudo maksimum 3-11 mm dan durasi selama 6 menit 53-380 detik.

Dewa Merthe menjelaskan ketinggian kolom abu hingga 700 meter itu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dengan arah abu condong ke timur. Gunung tersebut mengalami erupsi terlihat jelas, karena teramati asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang di atas puncak kawah.

Dari data seismogram, Gunung Agung mengalami tremor harmonik satu kali dengan durasi 75 detik dan sempat terpantau mengalami tektonik jauh hanya satu kali dengan amplitudo 3 mm dengan durasi 40 detik. (kis)

 

Komentar