Aku Wanita dan Berhak Dicintai

Redaksi9.com - Kata orang, wanita memiliki perasaan yang sangat sensitive dan mudah tersentuh. Dan tidak jarang, pendapat orang lain mudah mengubah persepsinya terhadap dirinya sendiri, yang bahkan membuat wanita menyerah akan haknya terhadap tubuhnya sendiri.

Sering kali wanita tidak menyadari bahwa mencintai dirinya sendiri adalah hal yang lebih penting daripada memberi cinta pada orang lain. Seberapa sering sih kamu mengeluh tentang warna kulitmu? Atau seberapa sering kamu mengeluh tentang berat badanmu dan bentuk tubuhmu?

Memilih untuk mencintai diri sendiri itu adalah hal yang sama sekali berbeda dengan narsisme apalagi egois loh. Mencintai dan sadar akan dirimu akan menjadi cerminan apakah kamu mampu memberi pehatian dan cinta pada orang lain loh.
Tidak sedikit loh wanita yang tidak sadar betapa pentingnya tubuh mereka. Banyak wanita yang tidak sadar bahwa mereka juga berhak untuk menentukan keputusan terhadap tubuhnya sendiri tanpa ikut campur dari orang lain. Seperti contoh ketika seorang wanita ingin menggunakan kontrasepsi atau tidak, itu adalah pilihan mereka untuk menggunakan atau tidak, terlepas dari pendapat suami atau keluarganya. Karena pada dasarnya, wanita juga memiliki hak untuk menentukan keputusan terhadap tubuhnya sendiri tanpa interupsi dari orang lain. Sedikit yang tahu, bahwa sesungguhnya kata perempuan berasal dari kata ‘empu’ yang berarti pemilik atau yang punya. Hal ini menunjukan bahwa wanitalah yang berhak atas tubuhnya dan berhak menentukan pilihannya sendiri.
Selain itu, ketidaksadaran wanita terhadap tubuhnya tidak berhenti disana. Ketika mendengar pendapat orang lain tentang tubuhnya seperti, ‘kamu kok gemukan?’ atau ‘coba deh kamu diet biar cantik’, banyak wanita yang memilih untuk memaksa dirinya untuk mengikuti standar orang lain, terlepas dari apakah dirinya ingin atau sanggup untuk melakukan perubahan pada dirinya. Bahkan tanpa sadar menyiksa dirinya sendiri.
Kalau kamu adalah seorang wanita atau remaja putri atau siapapun kamu, mulailah untuk mencoba mencintai dirimu sendiri. Langkah awalnya adalah dengan menyadari dirimu diri. Sadar bahwa kamu berhak menentukan pilihan terhadap dirimu dan kamu berhak Bahagia sebagai dirimu sendiri terlepas dari standar yang ditentukan oleh orang lain. Ketika kamu sudah sadar dengan dirimu sendiri, maka rasa cintamu terhadap dirimu sendiri akan tumbuh dengan sendirinya.
Ingatlah bahwa, siapapun kamu, kamu berharga dan berhak dicintai. Setidaknya oleh dirimu sendiri.

Penulis :
Ade Lia Novita Sari (Relawan Kisara PKBI Bali)
Mahasiswi Politeknik Kesehatan Denpasar

TAGS :

Komentar