Masih Banyak Caleg Langgar Zona Pemasangan APK

Wayan Sudarsana sedang melakukan dialog interaktif dengan arahan penyiar Diah Yuniti dari Bali Sruti

Redaksi9.com - Ada yang menarik tertuang dalam dialog interaktif yang digelar LSM Bali Sruti bekerja sama dengan RRI Denpasar.  Acara yang disiarkan di Pro1  RRI Denpasar ini, menghadirkan marasumber Wayan Sudarsana anggota Bawaslu Kota Denpasar.

Tema yang dibahas  tentang calon legislatif  (caleg) perempuan, bagaimana menggunakan waktu kampanye sebaik baiknya  dengan tidak melanggar aturan dan Perda terkait dengan zona pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Wayan Sudarsana mengatakan, ternyata pelanggaran kampanye pemilu kali ini antara caleg laki dan perempuan hampir sama yakni, pelanggaran pemasangan APK. Ironisnya,  bukan mereka sendiri yang memasangnya, tetapi  dipasang oleh tim kampanye mereka atau  EO mereka sehingga masih banyak terjadi pelanggaran.

Disisi lain, ia  mengatakan,   dibandingkan hari pertama dimulainya kampanye,  sekarang sudah lebih baik lagi,  walaupun sebenarnya masih marak terdapat beberapa APK yang masih melanggar aturan,  ini dikarenakan aparat Satpol PP yang terbatas.

Ia menegaskan, pelanggaran APK oleh caleg bisa dilaporkan kepada Bawaslu Denpasar oleh semua lapisan masyarakat yang mempunyai hak pilih.  Laporan dapat disampaikan ke kantor Bawaslu Kota Denpasar di Jl M.  Yamin IX Nomor 15 Denpasar atau telepon  ke 0361-4781630. Laporan dari masyarakat akan dijaga kerahasiaannya. (diah)

Komentar