Umat Hindu di Bali Gelar Ritual "Nasi Wong-Wongan"

Umat Hindu di Bali Gelar Ritual "Nasi Wong-Wongan"

Redaksi9.com - Masyarakat Hindu di Bali hari ini seluruhnya melakukan ritual persembahan "Nasi Wong-Wongan", yakni sesaji berbentuk tubuh manusia dalam upaya memohon keselamatan dan meredanya wabah virus corona.

Ritual "segehan nasi wong-wongan" tersebut berdasarkan surat edaran dari Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali kepada seluruh desa di wilayah Bali.

Surat tersebut merupakan hasil pertemuan lembaga Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali yang menekankan kepada masyarakat Hindu di Bali pada Kamis (2/4) petang ini secara serentak melakukan ritual tersebut di depan rumah (lebuh umah).

Tujuan mempersembahkan ritual tersebut agar memohon keselamatan umat manusia dan dunia, sehingga wabah virus corona yang menelan korban jutaan umat segera menghilang dari bumi ini.

Baca juga: Pemkot Denpasar Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah Antisipasi COVID-19

Baca juga: Pemkot Denpasar Rancang Lumbung Pangan Terkait Covid-19

Dari pantauan di lapangan, umat Hindu sejak pagi hari telah melakukan persiapan melakukan sesaji ritual tersebut, karena dalam upacara itu juga umat Hindu mempersembahkan "Banten Pejati" di pura pemerajan masing-masing rumah.

"Tiyang dari pagi sudah mempersiapkan upacara tersebut. Semoga dengan persembahyangan ritual ini memohon kepada penguasa alam semesta memberi keselamatan umat manusia, dan wabah corona menghilang dari bumi," ujar Men Sutarmi. (kis)

TAGS :

Komentar