Manfaat Luar Biasa Sering Berhubungan Seksual

Ilustrasi - manfaat berhubungan seksual

Menurut penelitian kesehatan, berhubungan intim atau berhubungan seks secara reguler, minimal satu atau dua kali setiap minggu, dapat memberikan dampak besar untuk kesehatan, kecantikan, dan kesejahteraan bagi anda dan pasangan anda.

Selain menjadi bentuk kasih sayang kepada pasangan, berhubungan seks juga bisa memberikan manfaat dalam berbagai aspek kehidupan anda, antara lain untuk kesehatan fisik dan emosional.

Berhubungan seks juga bisa memengaruhi kondisi psikologis, intelektual, serta kehidupan sosial kita. Bersamaan dengan itu, kualitas kehidupan akan menjadi lebih baik. Tidak hanya tentang nafsu dan birahi, sex ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Mulai dari meningkatkan kualitas tidur, hingga mengurangi risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Berikut ini adalah beberapa manfaat berhubungan seks yang bisa kita bahas.

1. Awet muda
Analisa Dr David Weeks menyatakan pria dan wanita yang bercinta secara aktif, terlihat lima hingga tujuh tahun lebih muda dari usia sebenarnya. Tapi menurut Weeks, kualitas sama pentingnya dengan kuantitas, apalagi bila pasangan yang melakukan saling mencintai, efek anti penuaan akan semakin kuat.

2. Meningkatkan kesuburan.
Semakin sering Anda bercinta, semakin baik kualitas sperma Anda. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan bayi, jagalah sperma baru selalu dengan melakukan hubungan seksual minimal dua kali seminggu, tak hanya pada waktu masa ovulasi wanita saja.Sering kali seks juga ditemukan untuk membantu menyeimbangkan hormon wanita dan mengatur menstruasi, yang selanjutnya dapat meningkatkan peluang untuk hamil.

3. Perpanjang hidup Anda
Sebuah studi yang dilakukan di Australia menemukan orang-orang yang mencapai klimaks setidaknya tiga kali seminggu memiliki kesempatan 50% lebih rendah untuk meninggal karena alasan medis daripada mereka yang hanya mencapai klimaks sebulan sekali.

4. Menunda usia paruh baya, dan menjaga kebugaran
Tiga puluh menit gairah seksual membakar hingga 100 kalori, yang sama dengan segelas anggur kecil. Dan jika Anda memiliki seks yang cukup aktif dua kali seminggu, Anda akan membakar kalori ekstra 5.000 setahun.

5. Mencegah serangan jantung
Banyak penelitian telah menemukan bahwa seks secara teratur dapat mencegah serangan jantung. Satu studi di Queen's University Belfast menemukan bahwa melakukan hubungan seks tiga kali seminggu dapat mengurangi separuh risiko serangan jantung atau stroke.

Studi lain di Israel menemukan bahwa wanita yang memiliki dua orgasme seminggu sampai 30% lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki penyakit jantung daripada mereka yang tidak menikmati seks atau tidak mengalami orgasme.

6. Anda semakin menarik di mata orang lain
Aktivitas seksual yang tinggi membuat tubuh melepaskan lebih banyak feromon, bahan kimia yang meningkatkan daya tarik Anda terhadap lawan jenis. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak seks yang Anda miliki dengan pasangan Anda, semakin kuat keinginan Anda untuk berhubungan seks dengannya lagi.

7. Mengurangi kerutan
Hormon estrogen dipompa keluar saat berhubungan seks, yang pada gilirannya dapat memberi efek plumping pada kulit, membantu menghaluskan garis-garis halus itu. Hal ini sangat berguna setelah menopause, saat kulit seorang wanita bisa menjadi lebih kering dan lebih keriput, karena kadar estrogen turun secara alami. Satu penelitian Amerika menemukan bahwa wanita menopause Yang melakukan hubungan seks setiap minggu memiliki kadar estrogen yang dua kali lebih tinggi dari pasangan mereka yang abstain.

8. Terlihat bercahaya
Menurut penelitian yang dilakukan di Royal Edinburgh Hospital, seks mempromosikan pembaharuan kulit karena merupakan olahraga aerobik. Ilmuwan di balik penelitian ini menemukan bahwa seks yang kuat memompa tingkat oksigen yang lebih tinggi ke seluruh tubuh, meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke kulit, dan mendorong sel kulit baru yang lebih segar ke permukaan, membuat kulit terlihat lebih sehat.


9. Meningkatkan percaya diri dan harga diri
Salah satu manfaat terpenting, dicatat dalam sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh University of Texas, AS, adalah bahwa peserta yang melakukan hubungan seks secara teratur merasa lebih percaya diri dengan tubuh mereka.

10. Menurunkan tekanan darah Anda
Sebuah studi di Skotlandia menemukan bahwa pria dan wanita yang memiliki banyak seks memiliki tekanan darah rendah dibandingkan mereka yang abstain. Periset di Universitas Brigham Young di AS juga menghubungkan hubungan seksual yang sering terjadi dengan menurunkan tekanan darah.

11. Mengusir depresi
Seks menyebabkan otak Anda melepaskan bahan kimia yang baik untuk meningkatkan kadar serotonin Anda - hormon bahagia - untuk mengangkat mood Anda. Serotonin adalah bahan kimia antidepresan utama tubuh dan salah satu alasan utama orang tersenyum dan merasa bahagia dan rileks setelah berhubungan seks. Wanita yang aktif secara seksual dalam hubungan jangka panjang juga cenderung tidak merasa tertekan daripada wanita yang tanpa seks, menurut sebuah studi yang melibatkan hampir 300 wanita oleh psikolog Gordon Gallup di American Archives Of Sexual Behavior.

12. Menyembuhkan sakit kepala
"Mengalami sakit kepala" mungkin alasan untuk tidak melakukan hubungan seks, tapi bukti ilmiah mengatakan bahwa, sebaliknya, seks dapat membantu mengalihkan rasa sakit. Hal ini karena bercinta menyebabkan lonjakan hormon oxytocin "cinta", ditambah endorfin yang bisa meredakan rasa sakit.

13. Mengusir stres

Dalam sebuah studi di jurnal Psikologi, para periset menemukan bahwa orang-orang yang pernah melakukan hubungan seksdalam 24 jam terakhir berhasil mengatasi tekanan stres - seperti berbicara di depan umum - daripada mereka yang tidak memilikinya.

14. Mengusir Insomnia
Setelah bercinta, anda biasanya tertidur lebih cepat

15. Perkuat tulang Anda
Karena berhubungan seks secara teratur dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita pasca-menopause, ia dapat menawarkan beberapa perlindungan terhadap kondisi penipisan tulang osteoporosis yang dipicu oleh kekurangan estrogen. Dan pria juga bisa mendapatkan keuntungan, karena kadar testosteron telah meningkat selama dan setelah berhubungan seks, yang dapat memberikan perlindungan terhadap osteoporosis pria.

16. Mengurangi resiko terkena kanker prostat
Periset di Universitas Nottingham telah menemukan bahwa pria yang menikmati kehidupan seks reguler di usia 50-an berisiko lebih rendah terkena kanker prostat. Hal ini karena seks membersihkan prostat dari racun yang bisa bertahan lama dan memicu perubahan kanker.

17. Merasa lebih baik sepanjang hari
Ilmuwan Amerika Dr Debby Herbenick menemukan bahwa orang dewasa yang bercinta di pagi hari tidak hanya lebih bersemangat sepanjang hari. Tapi juga mendapat manfaat dari sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat daripada orang-orang yang hanya memilih secangkir teh dan Beberapa roti sebelum menuju keluar dari pintu.

18. Olahraga
Hubungan seksual adalah salah satu bentuk olahraga yang menyenangkan. Berhubungan seksual membuat tubuh membakar setidaknya 4 kalori per menit dan membuat Anda menggunakan berbagai otot tubuh. Melakukan hubungan seksual secara teratur dapat memaksimalkan manfaat ini. Penelitian menemukan bahwa denyut jantung manusia saat orgasme setara dengan olahraga ringan, seperti berjalan menaiki tangga. Meski demikian, untuk mencapai kebutuhan rata-rata gerak tubuh per minggu, Anda tetap perlu melakukan olahraga lain, seperti jalan cepat atau bersepeda.

19. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kuatnya sistem kekebalan tubuh dengan seberapa seringnya Anda melakukan hubungan seksual, memiliki keterkaitan secara medis. Tingkat imunoglobulin A (IgA)  pada orang yang melakukan hubungan seksual sekali atau dua kali dalam seminggu, 30 persen lebih tinggi daripada yang tidak melakukannya lebih rutin. Antibodi ini berperan menjaga tubuh dari penyakit. Namun orang yang berhubungan seksual lebih dari dua kali dalam seminggu justru memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah daripada umumnya.

Meski demikian, demi menjaga sistem imun tetap prima, disarankan untuk tetap melakukan kebiasaan sehat, seperti istirahat cukup, mengonsumsi makanan sehat, mendapatkan vaksinasi, menjalani hubungan seks yang aman dengan menggunakan kondom saat berhubungan seksual, dan memiliki hanya satu pasangan.

20. Merasa lebih sehat
Orang yang sedang jatuh cinta atau memiliki kehidupan pernikahan yang baik lebih sering menjawab "sangat baik" atau "luar biasa". Dari pernikahan dan hubungan personal yang baik, orang merasa lebih sehat karena merasa mendapat dukungan sosial dan emosional. Dalam hal ini, manfaat seks berperan dalam menjaga keharmonisan hubungan pasangan, bahkan untuk pasangan yang telah menikah dalam waktu lama.


21. Mengurangi risiko penyakit
Jika dipadukan dengan gaya hidup sehat, manfaat sex dapat digunakan sebagai senjata dalam mengurangi risiko penyakit tertentu, antara lain:
-  Mengurangi risiko sakit maag dan angina. Orang yang merasa didukung dan dicintai oleh pasangan lebih tidak berisiko mengalami angina dan maag, demikian kesimpulan dari sebuah penelitian.
-  Mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian membuktikan bahwa pria yang melakukan ejakulasi secara teratur lebih tidak berisiko mengalami kanker prostat.
-  Mengencangkan otot panggul bawah pada wanita sehingga memaksimalkan hubungan seksual serta mengurangi risiko gangguan buang air kecil di kemudian hari.

22. Meningkatkan gairah seks
Melakukan hubungan seksual secara teratur dapat meningkatkan libido. Pada wanita, berhubungan seksual dapat meningkatkan aliran darah, elastisitas, dan cairan pelumas pada vagina. Semua hal ini dapat membuat hubungan seksual makin berkualitas.

23. Mengurangi rasa sakit
Orgasme melepaskan hormon yang berperan dalam meredakan rasa nyeri. Stimulasi vagina saja bahkan dapat menghentikan nyeri kronis pada punggung dan kaki, kram datang bulan, dan sakit kepala.

24. Meningkatkan kualitas tidur
Setelah orgasme, tubuh melepaskan hormon prolaktin yang berperan mendatangkan rasa rileks dan mengantuk. Itulah alasan seseorang lebih mudah mengantuk dan tidur setelah melakukan hubungan seksual. Cukup istirahat adalah sumber kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk untuk menjaga berat badan dan tekanan darah tetap normal.


25. Meningkatkan intimasi dan kualitas hubungan
Berhubungan seksual dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin yang membantu manusia untuk meningkatkan rasa saling percaya dan kedekatan satu sama lain. Kadar oksitosin ini akan makin meningkat seiring tingginya frekuensi sentuhan. Kepuasan seksual juga kerap dihubungkan dengan kestabilan hubungan.

Hubungan seksual yang sehat dan dilakukan secara teratur, selain bermanfaat terhadap kesehatan fisik, juga bermanfaat bagi kesehatan psikologis dan mengurangi risiko gangguan mental, mulai dari depresi hingga keinginan bunuh diri. Jangan lupa untuk menambah manfaat hubungan seks di atas dengan mempraktekkan seks yang aman dan nyaman. Jika memiliki masalah terkait kehidupan seksual, Anda tidak perlu malu untuk berkonsultasi ke dokter. (int)

 

 

Komentar