Masyarakat Pulau Dewata Lakukan Nyepi Suasana jadi Hening

Masyarakat Bali lakukan Nyepi suasana hening.

Redaksi9.com - Masyarakat di Pulau Dewata saat ini melangsungkan hari Suci Nyepi Saka 1942 Tahun 2020, karena itu seluruh aktivitas warga dihentikan hingga Kamis (26/3) pukul 06.00 Wita,

Seorang Pecalang Banjar Kertapala, Kota Denpasar Made Arik mengatakan pihaknya bersama rekan pecalang lainnya akan bertugas dan siaga selama 24 jam di wilayah setempat. Dalam menjalankan tugas adat ini, pihaknya sebelumnya sudah menerima arahan dan koordinasi dengan petugas keamanan lainnya, antara lain Polri dan TNI.

"Kami bertugas selama pelaksanaan Nyepi untuk menjaga keamanan lingkungan. Memang saat hari Nyepi pengamanan lebih ketat dibanding hari-hari biasa. Termasuk juga melakukan patroli di lingkungan sejak pagi hingga besok pagi," ujar Arik yang didampingi Kelian Banjar Kertapala Wayan Sukanadi bersama Sekretarisnya Komang Suparta.

Ia menjelaskan patroli dari petugas pecalang lebih ketat akan dilakukan pada malam hari, karena nanti semua lampu penerangan jalan dipadamkan, termasuk juga dirumah-rumah warga. Hal ini sebagai bentuk implementasi dari pelaksanaan "Catur Brata Penyepian".

Dalam "Catur Brata Penyepian" yakni, Amati Geni (tidak menyalakan api/lampu), Amati Karya (tidak bekerja),Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelagunan (tidak bersenang-senang/mendengar hiburan).(kis)

TAGS :

Komentar