Pemkot Denpasar Gencarkan Informasi Keliling, Ajak Masyarakat Antisipasi COVID-19

Pemkot Denpasar Gencarkan Informasi Keliling, Ajak Masyarakat Antisipasi Covid-19.

Redaksi9.com - Kewaspadaan bersama dalam mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) lewat keterlibatan seluruh komponen seperti unsur TNI dan Polri dilakukan Pemkot Denpasar. Langkah ini untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dipusat-pusat keramaian yang ada di Kota Denpasar. Pada Sabtu, (21/3) penyebaran informasi ini kembali dilakukan yang melibatkan unsur Kodim 1611 Badung, Polresta Denpasar, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Komunikasi dan Informatika Denpasar, dan unsur pecalang menyasar pusat pusat keramaian diareal publik.

Terbagi menjadi empat ruas lokasi dengan keterlibatan 60 orang personil dari masing-masing unsur yang menyasar kawasan Kecamatan Denpasar Utara, Denpasar Barat, Timur, hingga Denpasar Selatan difokuskan pada tempat-tempat keramaian.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai mengatakan bahwa Pemkot Denpasar melalui Walikota Denpasar, Wakil Walikota Denpasar, dan Sekda Kota Denpasar memberikan perhatian serius terhadap wabah global yakni virus corona. Disamping menggencarkan penyemprotan disinfektan menyasar pusat pelayanan publik, perkantoran serta obyek wisata dan obyek vital, hingga penyemprotan disinfektan dilaksanakan di setiap ruas jalan yang melintas di Kota Denpasar.

Baca juga: Tiga Kasus Baru Positif Corona di Bali

Baca juga: Desinfeksi Massal Sehari Sebelum Nyepi

Langah ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga Kota Denpasar untuk tetap waspada terus menjaga pola hidup bersih dan sehat. Antisipasi melalui penyebaran informasi menggunakan mobil keliling juga gencar dilaksanakan menyasar pusat-pusat keramain yang ada. Terlebih pusat keramaian sesuai informasi dari masyarakat melalui media sosial dan Pengaduan Rakyat Online (Pro) Denpasar bahwa keramaian warga juga tampak menyaksikan ogoh-ogoh yang berada dibeberapa titik kawasan banjar.

Melalui mobil informasi keliling ini nantinya masyarakat dapat mendengar dan mengetahui informasi tentang virus corona  serta memberikan saran melakukan antisipasi mandiri dimasing-masing rumah tangga maupun lingkungan. Informasi-informasi dasar yang disampaikan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo serta juga arahan dari Walikota dan Wakil Walikota Denpasar dalam penanganan corona seperti cara mengurangi risiko corona, hingga apa yang perlu dilakukan bila mengalami gejala utama corona.

Informasi ini diharapkan dapat disebarluaskan oleh masyarakat seperti informasi mutlak dari rajin cuci tangan, menutup wajah dengan masker jika sedang batuk atau bersin bersin, hingga menjaga jarak sosial (social distancing) dengan orang lain. "Ketika pesan yang senada disampaikan secara berulang-ulang dan dilakukan banyak pihak, maka secara bersama-sama kita akan dapat terus meningkatkan kewaspadaan serta berada di luar rumah jika tidak penting hingga menghindari berada ditempat-tempat kerumunan," ujarnya.

Sementara Mayor Infantri I Made Mustika selaku Perwira Seksi Teritorial Kodim 1611 Badung mengatakan langkah ini sebagai kerja bersama kita untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta informasi  kepada masyarakat melakukan antisipasi virus corona. Secara bersama-sama nantinya kami dari beberapa unsur Polri dan unsur terkait dari Pemkot Denpasar mengimbau masyarakat untuk mengurangi kegiatan diluar rumah jika tidak diperlukan, serta menghindari pusat-pusat keramaian.

Hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan penerapan jaga jarak atau social distancing untuk mengurangi resiko penularan virus corona. “Kami berharap masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan sedini mungkin serta melakukan langkah mandiri seperti himbauan dari Pemkot Denpasar untuk selalu melaksanakan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya. (rls)

TAGS :

Komentar