Pansus RTRW Kunjungan Kerja ke Karangasem

Pansus RTRW DPRD Provinsi Bali melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Karangasem

Redaksi9.com - Pansus RTRW DPRD Provinsi Bali melakukan kunjungan kerja dalam rangka  menyerap aspirasi pemerintah di Kabupaten Karangasem terkait pembahasan raperda tentang  perubahan atas Raperda No 16 Tahun  2009 tentang RTRW Provinsi Bali Tahun 2009 - 2029. Pertemuan berlangsung di Aula Sabha Widya Praja, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, Senin (21/1)

Ketua Pansus DPRD Provinsi Bali Ketut Kariyasa Adnyana diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Karangasem Ir.  I Gede Adnya Muliadi, M.Si, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang     I Ketut Sedana Merta, ST.,MT. Hadir juga Sekretaris DPC PHRI Kabupaten Karangasem I Wayan Kariasa, Perbekel se Kabupaten Karangasem, dan para undangan lainnya.

Dalam pembahasannya, penataan ruang untum wilayah Karangasem ini menuai banyak pertanyaan serta masukan. Dari Pawana berharap agar menekankan Besakih tetap menjadi kawasan suci, apabila ingin menyesuaikan tata ruang, ia menyarankan untuk memperlebar jalan-jalan lingkar agar mempermudah mobilisasi.
Sementara itu aspirasi disampaikan oleh Perbekel Bebandem Gede Parta, ia menyampaikan setuju dengan rencana pembangunan shortcut Sanghyang Ambu melihat kondisi warga Karangasem yang kini sering mengungsi akibat dampak dari Gunung Agung, diharapkan bisa membantu mempercepat mobilitas masyarakat. Selain itu ia juga mempertanyakan rencana pembangunan kereta api yang akan dibangun melewati Kabupaten Karangasem apakah mendesak untuk dilakukan sebelum melihat ke sektor yang lain.

Beberapa pertanyaan dan saran juga muncul dari Perbekel Purwakerti Amed, Sekretaris DPC PHRI Kabupaten Karangasem, dan Anggota DPRD Provinsi Bali. Diantaranya adalah menyetujui pengembangan sektor pertanian sebagai penyeimbang perekonomian selain dari sektor pariwisata, dengan memperhatikan kelayakan lahan sesuai dengan tanaman yang bisa ditanami.

Sebagian besar aspirasi juga  menginginkan adanya perbaikan serta pengembangan akses jalan seperti jalan lingkar Amed Seraya, pelebaran akses jalan menuju daerah wisata yang sudah berjalan seperti Amed, Tulamben, sampai dengan rencana pembangunan pasar seni di daerah Manggis yang dinilai potensial oleh Oka Antara, Anggota DPRD Provinsi Bali dari Karangasem.
 
Ketua Pansus Ketut Kariyasa Adnyana, S.P berharap agar perencanaan tata ruang wilayah ini diperhatikan dengan sungguh-sungguh karena menyangkut kepentingan seluruh Kabupaten Karangasem. Sebelum nantinya ditetapkan, diharapkan ada usulan tertulis sehingga hal-hal lain yang sudah direncanakan dapat dikaji kembali yang mana yang bisa dipakai dan yang mana yang tidak. Agar jangan nanti Kabupaten itu dieksploitasi tapi merugikan masyarakat Bali itu sendiri.(rls)
   

Komentar