Pura Balang Tamak Miliki Mitos Unik, Putri Suastini "Tangkil" Bersembahyang

Piodalan di Pura Balang Tamak. Nongan, Purnama Kawulu

Redaksi9.com - Ny. Putri Suastini Koster melakukan sembahyang ke Pura Balang Tamak, Desa Pakraman Nongan, Kabupaten Karangasem serangkaian pujawali Purnama Kawulu. Pura tersebut memiliki sejarah dan mitos yang unik, sehingga menjadi ketertarikan banyak peneliti datang ke pura itu.

Pada kesempatan itu, Putri Suastini Koster seusai melakukan persembahyangan di pura tersebut, Sabtu (19/1), menyerahkan "punia" kepada pengempon Pura Balang Tamak.

Pura Balang Tamak saat ini "disungsung" oleh krama subak yang ada di lingkungan Desa Pakraman Nongan. Pura yang memiliki perjalanan sejarah dan mitos unik ini diyakini sebagai pura Ulun Suwi Subak di desa setempat.

Pemangku Pura Balang Tamak, Jero Mangku Putra mengucapkan terimakasih kepada Ibu Gubernur Bali yang telah menyempatkan "tangkil" untuk bersembahyang di Pura Balang Tamak ditengah kesibukan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Karangasem.

"Tiyang mengucapkan terimakasih kepada ibu gubernur bisa melihat secara langsung Pura Balang Tamak ini. Sebab keberadaan Pura Balang Tamak memiliki sejarah dan mitologi yang cukup terkenal. Sehingga keberadaan pura tersebut menjadi ketertarikan sejumlah peneliti asing dan lokal sempat datang. Begitu juga banyak penelitian dari kalangan akademisi menulis tentang Balang Tamak dengan berbagai sudut pandang kajiannya," ucapnya.

Pura Balang Tamak yang berada dijalur menju Pura Agung Besakih memiliki keunikan, bagi masyarakat yang ingin memohon sesuatu agar selamat, sukses dalam berkarier merupakan suatu kewajiban melakukan persembahyangan. Dan sudah banyak terbukti dari sembahyang di pura itu sukses dalam berkarier. (kris)

 

Komentar