Seminar Nasional UNMAS Denpasar Hadirkan Pengacara Hotman Paris

Pengacara kondang Hotaman Paris menjadi salah satu pembicara dalam seminar yang digelar di Inna Bali Beach Sanur

Redaksi9.com - Seminar Nasional yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati (UNMAS) Denpasar menghadirkan pembicara Dr. Hotman Paris Hutapea, S.H., LL.M., M.Hum, Sabtu (12/10) di Ina Grand Bali Beach Sanur. Kegiatan ini dibuka secara resmi Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Rektor UNMAS, Dr. Drs. I Made Sukamerta, dan Dekan Fakultas Hukum UNMAS Denpasar, I Nengah Surama.

Walikota Rai Mantra mengapresiasi kegiatan seminar yang dilaksanakan BEM Fakultas Hukum UNMAS Denpasar. Kegiatan seminar sebagai kegiatan diluar kampus yang mampu memberikan peningkatan wawasan kepada mahasiswa terlebih menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidangnya seperti Dr. Hotman Paris Hutapea.  “Seperti harapan Rektor UNMAS Denpasar bahwa mahasiswa tidak saja mengejar nilai IPK, namun mampu meningkatkan komunikasi sosial. Karena 33 persen pendidikan terdapat disekolah maupun di kampus, 33 persen di rumah dan lingkunagn yang juga dapat ditunjang dengan pembentukan sosial entrepreneurship dan leadership.

Lebih lanjut disampaikan Rai Mantra yang mengutip kata-kata bijak dan motivasi dari tokoh terkenal Sanur yakni Ida Pedanda Made Sidemen “Selampah Laku” yang berkaitan dengan perilaku atau perbuatan kita. “Selampah laku, mekinkin meyasa lacur” artinya kalau merasa miskin, “tong ngelah karang sawah”, tidak memiliki lahan sawah atau kebun untuk ditanam. “Tandurin karang awak”, pakai badan ini sebagai lahan, tanamilah semua ilmu pengetahuan dalam badan atau diri kita. “Meguna dusun” berguna lingkungan “ne kanggo di desa” dan berguna bagi desa. Dari kata-kata bijak tersebut Rai Mantra mengharapkan mahasiswa harus tau makna kehidupan. Mengenyam ilmu pendidikan di kampus tidak ada lain untuk tidak pernah merasa “miskin” karena menanam bibit dalam tubuh di pikiran otak dan hati kita. “Di samping itu kata-kata bijak yang disampaikan Prof. I.B Mantra bahwa menemukan diri anda sendiri itu adalah sumber kreatifitas. Caranya yakni tanamkan ilmu pengetahuan. Kalau mau sejahtera berlakulah kreatif. Kreatif pasti melalui pendidikan lewat mengenyam pendidikan,” ujar Rai Mantra.

Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra juga mengharapkan civitas akademika UNMAS Denpasar untuk terus meningkatkan leadership, sosial entrepreneurship, dan entrepreneurship menjadi satu kesatuan dan tidak dapat dilepaskan satu sama lain. Mari kita bangun leadership utk bisa menjadi entrepreneurship sehingga mampu menjadi sosial entrepreneurship.

Rektor UNMAS Denpasar, Dr. Drs. Sukamerta mengatakan kegiatan seminar  Nasional yang dilaksankan Fakultas Hukum UNMAS Denpasar berkaitan juga dengan yang telah mendapatkan nilai akreditasi A. Menghadirkan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea diharapkan dapat memberikan motivasi berkaitan dengan mata kuliah tentang entrepreneurship yang mampu memotivasi mahasiswa setelah mendapatkan gelar mampu menjadi entrepreneurship. “Menghadirkan Bang Hotman Paris agar mampu memberikan motivasi kepada mahasiswa kami sehingga mampu melihat peluang dan mengikuti jejak narasumber kami sebagai entrepreneurship,”ujarnya.

Sementara Hotman Paris Hutapea mengatakan nantinya dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa Hukum UNMAS Denpasar. Bagaimana motivasinya nanti mampu mahasiswa tidak saja berkutat pada peluang sebagai pegawai negeri namun bagaimana dunia lawyer itu sendiri yang mampu kita gali untuk meningkat kemampuan diri. “Mahasiswa nantinya mampu melihat peluang tidak saja di daerah, namun mampu melihat pelung di luar daerah seperti di dunia internasional,” ujarnya. (kis)

TAGS :

Komentar